Hari Jadi ke-23 Kota Batu, Pemkot Gelar Wayang Kulit Lakon Arjuna Wiwaha

Hari Jadi ke-23 Kota Batu, Pemkot Gelar Wayang Kulit Lakon Arjuna Wiwaha

Wali Kota Batu 2017-2022 Dewanti Rumpoko didamnpingi Sekda Kota Batu Nadim Effisiensi menyerahkan gunungan wayang ke dalang Ki Probo Asmoro, menandai pegelaran wayang kulit dimulai.--

BATU, MEMORANDUM.CO.ID - Pagelaran wayang kulit dengan lakon 'Arjuno Wiwaha' bersama dalang Ki Purbo Asmoro asal Surakarta menyemarakkan Hari Jadi ke 23 Kota Batu, di halaman Balai Kota Among Tani Kota Batu, Kamis 17 Oktober 2024.

Pagelaran ditandai dengan penyerahan gunungan wayang oleh Wali Kota Batu 2017-2022 Dewanti Rumpoko didampingi Sekda Kota Batu Zadim Effisiensi pada pada dalang Ki Purbo Asmoro.

BACA JUGA:Jelang Hari Jadi Kota Batu ke-23, Pj Aries Tabur Bunga di Makam Wali Kota Pendahulu

BACA JUGA:Rapat Paripurna DPRD, Bahas Hari Jadi ke-23 Kota Batu

Lakon ‘Arjuno Wiwaha’ mengartikan perjalanan tokoh wayang yang bernama Arjuna agar sakti mandraguna harus bertapa dan berhasil mendapatkan pusaka. Namun perjalannya tidak mudah menghadapi berbagai rintangan. 

“Arjuna merupakan salah satu nama tokoh pewayangan ‘Pandawa Lima’ yang menerangkan bahwa dalam kehidupannya menuju kebaikan banyak menghadpi rintangan dan kesulitan yang akhirnya bisa teratasi segala rintangan, hingga bisa diraih kesuksesan dengan wibawanya yang terhormat,” terang dalan Ki Purbo Asmoro.

BACA JUGA:Kado Hari Jadi Kota Batu ke-23, Desa Tulungrejo Raih Desa Terbaik I Nasional 2024

Menurut Ki Purbo, alur cerita lakon ini memiliki makna sebuah perjuangan dalam kehidupan yang diraih dengan berbagai halangan rintangan hingga mewujudkan kehidupan yang bahagia, makmur dan sejahtera.

Ketua Pelaksana Hari Jadi ke-23 Kota Batu Abdul Rais mengatakan pagelaran wayang kulit ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Batu di tahun 2024 ini.

“Alhamdulillah tahun ini dapat melaksanakan pagelaran wayang kulit lagi di momen Hari Jadi ke 23 Kota Batu dengan lakon ‘Arjuna Wiwaha’ yang dilakonkan oleh dalang Ki Purbo Asmoro dari Surakarta,” katanya.

BACA JUGA:Jelang Hari Jadi Ke-23 Kota Batu, Ukir Prestasi Raih Penghargaan Desa Cantik dari Badan Pusat Statistik

Sebelum gelaran wayang kulit, sehari sebelumnya Rabu 16 Oktober 2024 telah dilaksanakan ziarah ke makam Wali Kota Batu periode sebelumnya, untuk mengenang jasa dan perjuangannya membangun Kota Batu.

Dipimpin Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, ziarah dilakukan ke makam Wali Kota Batu pertama 2002-2007 Alm H. Imam Kabul dan berikutnya ke makam Wali Kota Batu 2007-2017 Alm H. Eddy Rumpoko.

Selanjutnya dilakukan bakti sosial dengan santunan, khotmil Al-Qur’an, Festival Seribu Rebana Cinta Rosul yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kota Batu. Rangkaian kegiatan ini dipuncaki dengan Upacara Hari Jadi ke 23 Kota Batu.

Sumber: