KSR PMI Unej Sukses Gelar Seminar Kesehatan Jiwa, Edukasi Mahasiswa Mengelola Stres

KSR PMI Unej Sukses Gelar Seminar Kesehatan Jiwa, Edukasi Mahasiswa Mengelola Stres

KSR PMI Unit Universitas Jember (Unej) sukses menggelar seminar bertajuk "Menjinakkan Monster dalam Diri, Mengatasi Kecemasan dan Depresi". --

JEMBER, MEMORANDUM.CO.ID - Dalam rangka memperingati HUT ke-31, KSR PMI Unit Universitas Jember (Unej) sukses menggelar seminar bertajuk Menjinakkan Monster dalam Diri, Mengatasi Kecemasan dan Depresi. Acara yang berlangsung di Aula Pascasarjana Fakultas Hukum Unej ini dihadiri oleh lebih dari 100 peserta, mulai dari mahasiswa, perwakilan UKM, hingga masyarakat umum.

Seminar ini menghadirkan para pakar kesehatan jiwa yang membahas berbagai topik terkait pengelolaan stres, kecemasan, dan depresi. Para peserta tampak antusias mengikuti sesi tanya jawab dan diskusi.

"Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap kesehatan mental mahasiswa," ujar Devani Avrillia Susanto, Ketua UKM KSR PMI Unit Unej. "Kami berharap seminar ini dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat bagi peserta dalam menjaga kesehatan mental mereka."

BACA JUGA:KSR PMI Unit Unej Edukasi Kekerasan Seksual di Lingkungan Sekolah

Kepala Markas PMI Kabupaten Jember, Sumarno, juga mengapresiasi kegiatan ini. Ia menekankan pentingnya menjaga kesehatan mental di tengah kesibukan perkuliahan. "Seminar ini sangat relevan, mengingat tingginya tingkat stres yang dialami mahasiswa saat ini," ungkapnya. Senin 7 Oktober 2024.

Pemateri yang dihadirkan juga sangat kompeten dalam bidangnya. Pemateri pertama yaitu Nuraini Kusumaningtyas, S.Psi., M.Psi. dosen  Universitas Muhammadiyah Jember. Pemateri kedua yaitu Ibu Inke Kusumastuti, M.D., Psychiatrist dosen dari Unej. Serta pemateri ketiga yaitu Anugrah Sulistiyowati, S.Psi., M.Psi. dosen dari UIN KH. Akhmad Shidiq Jember.

Seminar ini juga diisi dengan sesi tanya jawab interaktif dari peserta yang tampak antusias untuk bertanya dan berdiskusi langsung dengan pemateri. Seminar ini pun mendapat banyak tanggapan positif dari peserta. Salah satu peserta bernama Ahmad Algifari perwakilan dari UKM Marching Band Universitas Jember menilai bahwa seminar ini sangat bagus dan sesuai dengan kehidupan GenZ terutama mahasiswa.

BACA JUGA:KSR PMI Unit UIN KHAS Jember Gelar Diklat Lanjutan, Fokuskan Materi Kebencanaan

Dengan suksesnya acara ini, UKM KSR PMI Unit Universitas Jember menegaskan peran sebagai UKM yang peduli terhadap kesehatan jiwa bagi pelajar, mahasiswa, serta masyarakat umum. (edy)

Sumber: