Komitmen Tingkatkan Integritas ASN, Kemenkumham Maluku Sukses Selenggarakan UPG 2024

Komitmen Tingkatkan Integritas ASN, Kemenkumham Maluku Sukses Selenggarakan UPG 2024

Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Maluku resmi menutup kegiatan Unit Pemberantasan Pungli dan Pengendalian Gratifikasi--

AMBON, MEMORANDUM.CO.ID - Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Maluku resmi menutup kegiatan Unit Pemberantasan Pungli dan Pengendalian Gratifikasi tahun 2024, Jumat 4 Oktober 2024. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari di Hotel The City Ambon ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan pemahaman para pegawai mengenai bahaya pungutan liar (pungli) dan gratifikasi.

Dalam sambutannya, Kepala Bagian Program dan Humas, La Margono, menegaskan kembali pentingnya komitmen bersama dalam memberantas praktik korupsi. 

"Pelatihan ini bukan hanya sekadar seremonial, tetapi merupakan langkah nyata kita dalam membangun zona integritas di lingkungan kerja. Setiap pegawai harus menjadi agen perubahan dan berperan aktif dalam mencegah terjadinya pungli dan gratifikasi," tegas La Margono.

BACA JUGA:UPG Kemenkumham Maluku Ciptakan Agen Perubahan Sebagai Motor Penggerak di Satuan Kerja

La Margono mengapresiasi partisipasi seluruh peserta. Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan integritas dan profesionalisme aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kemenkumham Maluku.

"Saya berharap setelah mengikuti kegiatan ini, Bapak/Ibu dapat mengimplementasikan pengetahuan yang diperoleh dalam mencegah dan memberantas pungli serta gratifikasi di satuan kerja masing-masing," ujar La Margono.

Lebih lanjut, La Margono menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal dalam upaya Kemenkumham Maluku untuk menciptakan lingkungan kerja yang bersih dan bebas dari korupsi. Ke depannya, akan dilakukan evaluasi secara berkala untuk melihat sejauh mana keberhasilan pelaksanaan program ini.

BACA JUGA:Kedepankan Integritas dan Kompetensi, Kemenkumham Maluku Gelar Ujian CAT Calon Notaris 2024

Margono kemudian merefresh dan kembali menerangkan amanat Kakanwil Kemenkumham Maluku Hendro Tri Prasetyo saat pembukaan kegiatan, akan pentingnya membangun budaya anti-korupsi di lingkungan kerja. Menurutnya, perubahan harus dimulai dari diri sendiri dengan menanamkan nilai-nilai kejujuran dan integritas.

"Mari kita bersama-sama berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani," ajaknya.

Dengan semakin kuatnya komitmen seluruh pegawai Kemenkumham Maluku dalam memberantas korupsi, diharapkan pelayanan publik di bidang hukum dan HAM di Maluku dapat semakin baik dan berkualitas.(mik)

Sumber: