Jarang Diketahui! Berikut Deretan Tanaman Herbal yang Ampuh Atasi Sakit Lutut dan Sendi

Jarang Diketahui! Berikut Deretan Tanaman Herbal yang Ampuh Atasi Sakit Lutut dan Sendi

ilustrasi tanaman herbal--

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Nyeri sendi pada lutut seringkali menjadi keluhan kesehatan yang mempengaruhi berbagai kalangan usia. Nyeri pada sendi lutut dapat muncul karena berbagai alasan, termasuk cedera dan peradangan, seperti yang terjadi pada penyakit seperti asam urat.

Selain menggunakan obat pereda nyeri, tanaman herbal ternyata juga dapat menjadi alternatif yang sehat untuk mengatasi nyeri sendi pada lutut tanpa selalu mengandalkan obat-obatan kimia

BACA JUGA:Manfaat Sereh untuk Kesehatan, Dapat Cegah Kanker hingga Atasi Stres

Selain efektif, tanaman herbal juga cenderung lebih alami dan memiliki sedikit efek samping. Berikut ini beberapa obat herbal yang bisa digunakan untuk bantu mengatasi sakit lutut dan sendi.

1. Kunyit

Bahan herbal ini mengandung senyawa kurkumin, yang memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik, untuk bantu mengurangi peradangan dan rasa sakit pada lutut atau sendi.

2. Jahe

Kandungan senyawa gingerol pada jahe memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik, yang bisa bantu meredakan peradangan dan mengurangi rasa sakit pada lutut serta sendi.

BACA JUGA:Tujuh Khasiat Tersembunyi Daun Kenanga untuk Kesehatanmu

3. Lidah Buaya

Bahan alami yang mengandung senyawa antiinflamasi untuk bantu meredakan peradangan pada lutut dan sendi. Selain itu, lidah buaya juga mengandung senyawa antioksidan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan sel.

4. Daun Salam

Daun salam dianggap sebagai salah satu bahan alami untuk atasi nyeri sendi, memar, nyeri otot, keseleo, dan radang sendi. Ini berkat kandungan senyawa antiinflamasi di dalamnya yang bisa mengurangi gejala peradangan. 

Selain itu, ada juga kandungan magnesium di dalam daun salam yang bermanfaat untuk memastikan fungsi otot dan saraf tubuh berjalan optimal.

Sumber: