Parpol Pemenang Pemilu Hambat Penetapan Pimpinan DPRD Jatim

Parpol Pemenang Pemilu Hambat Penetapan Pimpinan DPRD Jatim

Ruangan DPRD Jatim sepi tidak ada kegiatan kerakyatan oleh 120 anggota dewan Jatim.--

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Sampai 25 hari usai dilantik, 120 anggota DPRD Jawa Timur periode 2024-2029 belum menunjukkan kinerjanya sebagai wakil rakyat. Buktinya hingga hari ini, pembentukan pimpinan defintif hingga alat kelengkapan DPRD Jatim, sampai tata tertib belum juga tuntas. Mereka lupa, bahwa kinerja DPRD Jawa Timur akan terhambat karena partai politik tidak segera mengusulkan 1 ketua dan 4 wakil ketua DPRD Jatim.

Dua partai politik yang sudah mengajukan nama adalah Partai Golkar dengan menetapkan Blegur Prijanggono sebagai Wakil Ketua DPRD. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). telah menunjuk Musyafak Rouf sebagai Ketua DPRD Jatim. Sementara tiga partai politik (Gerindra, PDI Perjuangan, dan Demokrat) belum menyerahkan nama calon wakil ketua DPRD Jatim. 

Tiga partai lainnya masih menahan diri, membuat penetapan pimpinan definitif harus menunggu lebih lama. Informasi di internal gedung DPRD Jatim, molornya paripurna penetapan pimpinan karena dua partai politik yang sudah mengusulkan nama memilih menunggu tiga parpol lainnya. “Ini menjadi preseden buruk selama DPRD Jatim ada. Sebab sebelumnya penetapan pimpinan sudah tuntas lebih awal,” kata sumber internal gedung dewan di Jalan Indrapura.

BACA JUGA:Mendadak Paripurna Penentuan Ketua DPRD Jatim 2024-2029 Ditunda, Ada Apa?

Kondosi ini, menunjukkan DPRD Jatim belum bisa menentukan pimpinan. Padahal sebagai partai politik pemenang di Pemilu 2024 mendapat dana bantuan politik (banpil) hingga ratusan miliar. “Banpol setiap tahun mengalir, namun urusan memilih ketua dan wakil ketua DPRD Jatim molor dan belum juga tuntas,” tegas sumber lainnya.

Terpisah Ketua DPD Gerindra Jatim, Anwar Sadad, mengungkapkan bahwa partainya akan segera menyerahkan nama. “Insya Allah dalam waktu dekat, kami sudah siap memutuskan. DPD hanya mengusulkan dua nama, yaitu Alvis dan Dayat, tetapi keputusan final ada di DPP. Sehari dua hari lagi, mungkin sudah ada keputusannya,” ujar Sadad.

Terpisah, PDI Perjuangan juga masih dalam proses finalisasi nama calon. Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari Bisowarno, menyebut bahwa semua keputusan ada di tangan DPP. “Sudah ada pansusnya, jadi kita serahkan ke Pansus. Nama-nama masih dalam pembahasan di DPP, dan kapan finalnya, kami belum bisa memastikan. Tapi begitu ada keputusan, pasti segera kami sampaikan,” tegasnya.

BACA JUGA:DPRD Jatim Beri Catatan Kontingen Jatim Juara 3 PON XXI Aceh-Sumut 2024

Demokrat sendiri masih belum memberikan keterangan pasti terkait pengajuan nama calon pimpinan mereka. Keterlambatan ini jelas menambah ketidakpastian. 

Publik Jatim yang menanti kepemimpinan baru di DPRD harus lebih bersabar. Namun, harapan tetap besar bahwa dalam waktu dekat, Gerindra, PDIP, dan Demokrat akan segera menyusul PKB dan Golkar untuk melengkapi susunan pimpinan definitif DPRD Jatim yang baru.

Dengan dinamika politik yang terus berkembang, publik Jatim kini menantikan keputusan dari ketiga partai besar ini, yang diharapkan dapat membawa wajah baru dalam kepemimpinan DPRD Jatim untuk lima tahun ke depan.(day)

Sumber: