Revitalisasi Bandara Juanda, Autogate Siap Bawa Inovasi Teknologi Modern ke Indonesia

Revitalisasi Bandara Juanda, Autogate Siap Bawa Inovasi Teknologi Modern ke Indonesia

Kakanim Surabaya Ramdhani bersama stakeholder terkait mengikuti rapat koordinasi persiapan pameasangan autogate di Bandara Internasional Juanda--

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Bandara Internasional Juanda terus berbenah dengan proyek revitalisasi terbaru yang membawa inovasi teknologi autogate di area imigrasi yang akan memudahkan proses pemeriksaan penumpang.  

Dalam kegiatan pemasangan 28 gerbang otomatis atau autogate ini turut hadiri Chicco Ahmad Muttaqin, selaku Direktur Sistem Teknologi (Dirsistik) pada Ditjen Imigrasi, Ramdhani, Kepala Kantor Imigrasi Surabaya, serta GM Angkasa Pura Bandara Juanda.

Chicco Ahmad Muttaqin, selaku Direktur Sistem Sistem Informasi dan Teknologi (Dirsistik), menyebut jika teknologi ini menggunakan pencocokan wajah (face match) dan validasi paspor untuk mengidentifikasi penumpang secara cepat dan aman. 

BACA JUGA:Penyelundupan Senpi Ilegal lewat Bandara Juanda, Pengamat: Bisa Picu Kejahatan

"Dengan adanya autogate, Indonesia menunjukkan langkah maju dalam penerapan teknologi di sektor bandara. Ini adalah gerbang masuknya Indonesia ke era baru," ujar Chicco.

Chicco menyebut hal ini merupakan proyek baru, yang nantinya ada sebanyak 28 gerbang Autogate  di area terminal keberangkatan dan kedatangan Bandara Internasional Juanda.

Proyek yang dikerjakan oleh PT Sinergi Teknoglobal Perkasa ini diharapkan selesai tepat waktu, dengan dukungan penuh dari berbagai pihak, termasuk Angkasa Pura dan otoritas bandara lainnya.

BACA JUGA: Penyelundupan Senpi via Juanda Digagalkan

Menurut PT Sinergi Teknoglobal, proses pemasangan autogate ini telah disinkronisasi dengan jadwal revitalisasi Bandara Juanda, khususnya di area imigrasi.

Sementara itu, Kakanim Ramdhani mengungkapkan terkait rencana pemasangan Autogate pada Bandara Internasional Juanda, Surabaya ini, yang mana secara garis besar pekerjaan dapat dilakukan sesuai dengan Timeline dan Layout yang diusulkan oleh Direktorat dan PT Sinergi Teknoglobal Perkasa.

"Tentunya ini semua dibutuhkan koordinasi dan dukungan dari selutuh stakeholder Bandara Juanda," ujar Ramdhani.

BACA JUGA:Bandara Juanda Layani 636 Ribu Penumpang Selama Nataru

Ia pun menyebut jika target implementasinya  hingga Desember 2024. "Autogate ini akan menjadi simbol efisiensi dan kemajuan teknologi di Bandara Juanda, membawa pengalaman baru bagi para penumpang internasional," tuturnya

Kendati demikian, dengan Kick off autogate di 28 line dengan ditandai penekanan tombol sirene menjadi simbolis dimulainya era baru di Bandara Juanda.

Sumber: