Pegiat Adiwiyata Tanam Ratusan Pohon Buah di TPA Supit Urang

Pegiat Adiwiyata Tanam Ratusan Pohon Buah di TPA Supit Urang

Penanaman bibit pohon buah di kawasan TPA Supit Urang Kota Malang.--

MALANG, MEMORANDUM.CO.ID - Menjaga kelestarian lingkungan, Himpunan Pegiat Adiwiyata Indonesia wilayah Malang Raya melakukan penanaman 240 bibit pohon buah, di kawasan TPA Supit Urang Kota Malang, Kamis, 19 September 2024.

Aksi sosial ini diikuti berbagai kalangan, yaitu Sekolah Adiwiyata sebanyak 98 sekolah, komunita kader lingkungan, komunitas pengelola sampah, dunia usaha dan dunia industri seperti PT. Jasamarga Pandaan Malang.

Hadir memberikan support, Kabid Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang Sri Lestari dan Kepala TPA Supit Urang Arif Dermawan.

BACA JUGA:Kunjungi TPA Supit Urang, Pj Wali Kota Malang Komitmen Atasi Persampahan

Koordinator aksi sosial Sulaimain Sulang menyampaikan kegiatan ini akan dilakukan secara massif di wilayah Kota Malang dan sekitarnya.

“Proses dilakukan mulai dari penanaman hingga penyiraman serta melakukan perawatan,” jelasnya.

Adapun 240 bibit pohon terdiri dari pohon sukun 30 bibit, pulai 100 bibit, juwet 50 bibit, mangga 15 bibit, jambu air 15 bibit, alpukat 30 bibit.

“Setiap jenis pohon ini akan berkontribusi pada lingkungan dan memberikan hasil yang dapat dinikmati oleh masyarakat,” harapnya seraya menyebutkan pilihan jenis pohon yang ditanam.

BACA JUGA:Usai Diresmikan Jokowi, Pj Wali Kota Malang Harap TPA Supit Urang Jadi Role Model Tata Kelola Sampah Modern

Sulaimain Sulang yang juga penerima progam Claimate Innovation generation program (CIGPro) 2024 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI mengharapkan kegiatan ini dapat mendorong masyarakat merasakan langsung manfaat dari keberadaan pohon-pohon ini.

Selain menyuplai hasil buah, pohon ini juga berkontribusi dalam menjaga keseimbangan lingkungan, memperbaiki kualitas udara, dan menciptakan ruang hijau sehingga kelestarian lingkungan dapat terjaga dengan baik.

Sulaimain menyampaikan berdasarkan surat Kepala Pusat Pengembangan Generasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI nomor S.324/PGL/TU/PPI.8.1/B/8/2024 tanggal 17 Agustus 2024 tentang Peserta Bimbingan Teknis Climate Innovation Generation Program (CIGPro) itu Himpunan Pegiat Adiwiyata Indonesia wilayah Malang Raya sebagai salah satu Pemenang Lomba CIGPro melalui Pusat Pengembangan Generasi Lingkungan KLHK RI.

BACA JUGA:Pemkot Malang Siap Fasilitasi Warga Terdampak TPA Supit Urang

BACA JUGA:Evaluasi Instruksi Presiden, Pj Wali Kota Wahyu Tinjau TPA Supit Urang

Sumber: