Ketua DPRD Jombang dan Pj Bupati Raih Penghargaan Nirwasita Tantra

Ketua DPRD Jombang dan Pj Bupati Raih Penghargaan Nirwasita Tantra

Ketua DPRD Jombang Mas'ud Zuremi menerima penghargaan Green Leadership "Nirwasita Tantra" Tahun 2023 di Jakarta.--

Teguh menjelaskan, penghargaan ini merupakan cerminan kolaborasi dan komitmen seluruh stakeholder untuk merespon isu lingkungan hidup, dan mampu bekerja efektif dan inovatif  dalam meningkatkan kualitas lingkungan dan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Jombang. 

BACA JUGA:Paripurna DPRD Jombang, Pembahasan 4 Raperda Memasuki PU Fraksi

"Agar prestasi ini terus lestari dan berkelanjutan, seluruh regulasi yang telah ditetapkan dan diamanahkan harus dipedomani untuk di tindaklanjuti oleh siapapun kepala daerahnya demi keberlanjutannya," jelasnya. 

"Termasuk SOP, sistem kerja yang sudah dibangun semuanya harus bisa berjalan sesuai norma dan aturan yang berlaku," pungkasnya.  

Inovasi Pemerintah Kabupaten Jombang dalam menjaga lingkungan hidup diantaranya Ekowisata Permata Hati, fitoremediasi limbah tahu, Santri Jogo Kali, Sistem Pengelolaan Limbah Domestik/Sipaldo Sedap, Polisi Air,  pelayanan pengelolaan persampahan antara lain Smart Card Beresin Sampah, Bank Sampah Mandiri Terintegrasi (Bank Santri), Sistem Pengaduan Penanganan Sampah (SIAPS), dan sampah menjadi sedekah (sajadah). 

BACA JUGA:DPRD Jombang Beri Rekomendasi Pj Bupati Terkait LKPj 2023

Ada pula inovasi Siap Bank Sampah Ecobrik Kompos Untuk Tanaman dengan cegAH, olAh, dan pilAH (Si BESUT 3AH), pembatasan plastik sekali pakai, operasional TPA Sampah, dan apel Timbang Sampah. Dalam merespon isu optimalisasi penyelesaian kasus limbah B3, Pemkab Jombang membuat inovasi P3 Terpadu (Pengawasan, Pemulihan Lahan Terkontaminasi, dan Pembangunan Sentra IKM Slag Alumunium). (yus)

Sumber: