Sehari, Tiga Rumah di Kota Surabaya Ludes Dilalap Api

Sehari, Tiga Rumah di Kota Surabaya Ludes Dilalap Api

Petugas Damkar Kota Surabaya berjibaku menjinakkan api di kawasan Simorejo--

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Kebakaran cukup besar terjadi di dua lokasi di Kota Surabaya, Kamis 19 September 2024. Pertama, api melahap sebuah rumah dua lantai di Jalan Kalibutuh Timur Gang Lebar, Tembok Dukuh, Surabaya.

Berdasarkan data yang disampaikan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya, kebakaran terjadi sekitar pukul 06.26 WIB. Tim unit Tempur Rayon 1 Pasar Turi berangkat ke lokasi pukul 06.27 WIB dan tiba pukul 06.30 WIB.

Sebanyak lima unit tempur dan lima tim rescue diterjunkan untuk memadamkan api yang melalap rumah milik Heri itu. Luas rumah yang terbakar sekitar 3 x 3. Sementara proses pembasahan selesai dan dinyatakan kondusif tepat pukul 06.59. 

BACA JUGA:Tim Inafis Selidiki Penyebab Kebakaran Tumpukan Kayu di Bawah Tol Surabaya-Gempol

"Penyebab masih belum diketahui. Namun, dipastikan tak ada korban. Saat kebakaran, rumah kosong karena pemiliknya berada di luar," terang Kabid Pemadaman Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya Wasis Sutikno.

Kebakaran kedua menimpa dua rumah di Jalan Simorejo Gang X, Sukomanunggal. Belum diketahui pasti penyebab insiden tersebut. Namun, kuat dugaan kebakaran disebabkan arus pendek atau korsleting.

Wasis menjelaskan, pihaknya menerima laporan kebakaran sekitar pukul 10:35 dari salah satu warga sekitar. Menindaklanjuti laporan itu, pihaknya berkoordinasi dengan pos tempur untuk mendatangi lokasi.

BACA JUGA:Kasus Kebakaran Pasar Comboran, Polisi Periksa 2 Orang

"Anggota berangkat pukul 10.36 dan tiba di lokasi pukul 10.42. Unit Tempur Rayon 1 Pasar Turi tiba di TKK langsung melakukan pemadaman dan api padam pukul 10.59. Pembasahan selesai dan kondusif pukul 11.26," tegas Wasis Sutikno.

Ia merinci, 11 unit yang diberangkatkan antaralain, tiga unit Tempur Margomulyo, satu unit Tempur Rayon 1 Pasar Turi, satu Unit Tempur Pos Grudo, satu Unit Tempur Pos TVRI dan lima Unit Team Rescue," tutup Wasis Sutikno.(fdn)

Sumber: