TPST Tambakrejo Waru Overload, Warga Tambaksumur Ancam Demo Besar-Besaran ke Pemkab

TPST Tambakrejo Waru Overload, Warga Tambaksumur Ancam Demo Besar-Besaran ke Pemkab

Kepala DLHK Sidoarjo DR M Bahrul Amig.--

SIDOARJO, MEMORANDUM.CO.ID - TPST (Tempat Pengolahan Sampah Terpadu) Tambakrejo Waru overload, warga Desa Tambaksumur yang tinggal di dekat sana geram. Sebab, sampah membusuk yang menumpuk dapat menimbulkan penyakit.

Jika tidak segera diclean up, warga pun mengancam menggelar demo besar-besaran ke TPST Tambakrejo Waru dan ke Pemkab Sidoarjo. "Ini tidak bisa dibiarkan. Kasihan kami yang tinggal di dekat TPST Tambakrejo Waru," ujar warga setempat, Sabtu 14 September 2024.

BACA JUGA:Sampah TPST Tambakrejo Menggunung, Clean Up Belum Direalisasi DLHK

Kepala Desa (Kades) Tambaksumur, H Mas'ud SAg juga mereaksi keluhan warganya. Kades Tambaksumur meminta DLHK (Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan) Sidoarjo segera melakukan clean up TPST Tambakrejo Waru karena membuat resah warga. "Kami meminta agar TPST Tambakrejo Waru segera diclean up," ujar kades.

Dikatakan, warga Tambaksumur RW 01 dan RW 03 sudah tidak membuang sampah ke TPST Tambakrejo Waru karena sudah lama overload. Warga Tambaksumur akhirnya membuang sampah ke TPST Mekar Sari, Desa Kureksari, Waru. "Pembuangan ke sana atas arahan anggota DPRD Sidoarjo H Warih Andono," jelas kades.

BACA JUGA:Dewan Akui Dana BK Alih Fungsi dari TPST untuk Balai Desa

Karena itulah kades mendesak DLHK Sidoarjo segera melakukan clean up TPST Tambakrejo Waru. Tidak hanya itu, kades juga meminta DLHK Sidoarjo mendampingi pengerjaan TPST di Desa Tambaksumur Waru, sehingga warga tidak resah dengan sampah menumpuk di TPST Tambakrejo Waru dan punya TPST sendiri di Desa Tambaksumur.

Kepala DLHK Sidoarjo DR M Bahrul Amig dikonfirmasi terpisah mengatakan, TPST Tambakrejo Waru kurang profesional dalam mengelola sampah. Akibatnya, menimbulkan masalah bagi warga dan masih mempunyai hutang di DLHK Sidoarjo. Ia meminta pengelola TPST itu segera melunasi hutang dan membayar clean up secepatnya.

BACA JUGA:Reduksi 70% Sampah, TPST Samtaku Direaplikasi di berbagai Daerah

Abah Amig, panggilan akrab Kepala DLHK Sidoarjo juga meminta agar Kades Tambaksumur segera menindaklanjuti terkait TPS3R agar cepat dibuka. "Dengan begitu, sampah di Tambaksumur segera teratasi dan tidak menimbulkan polemik warga," tandasnya.(nrl/zae/jok)

Sumber: