Hari Pertama Kerja, Anggota DPRD Kabupaten Malang Mulai Bentuk Fraksi

Hari Pertama Kerja, Anggota DPRD Kabupaten Malang Mulai Bentuk Fraksi

Syaiful Rosyid ketua fraksi gabungan--

MALANG, MEMORANDUM.CO.ID - Sebanyak 50 orang anggota DPRD kabupaten Malang sudah resmi mulai bekerja dalam mengemban amanah warga kabupaten Malang. Namun pada Senin 2 September 2024 hari pertama masuk mereka, diwajibkan membentuk fraksi setiap Parpol masing- masing.

"Agenda dalam minggu ini maaih membentuk fraksi, seperti yang diamanahkan oleh ketua sementara," terang, Abdul (adeng) Qodir dari Parpol PDI perjuangan.

Adeng mengungkap, kenapa dikasih waktu satu minggu dalam pembentukkan fraksi, pasalnya harus minta persetujuan DPP. Sehingga butuh waktu untuk mengusulkan nama- nama dan sekaligus menunggu jawaban persetujuan dari usulan tersebut.

BACA JUGA:Ini Daftar Anggota DPRD Kabupaten Malang 2024-2029

Setelah pembentukan fraksi baru dilanjut, dengan penyusunan Tata Tertib ( Tatib)DPRD. Setelah adanya Tatib baru bisa membentuk, alat kelengkapan lainnya seperti Komisi, Badan Kehormatan dan ketua DPRD.

"Makanya setelah melakukan pertemuan pada hari pertama kerja langsung dilanjut melakukan pembicaraan di tingkat DPC," kata Adeng.

Saat ditanya apakah ada berubahan terhadap Tatib ?, Adeng langsung memjawab pasti ada perubahan, karena situasi yang lalu dengan yang sekarang berbeda. Makanya Tatib itu harus disesuaikan dengan kondisi sekarang, apalagi Tatib itu adalah koridor anggota sebagai payung dalam bekerja.

BACA JUGA:Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Malang 2024-2029, Siap Kawal Aspirasi Rakyat

"Gak mungkin akan lakukan copypaste, pasti ada berubah dari beberapa klaosul yang ada," imbuh, Adeng.

Hal itu yang trrjadi pada lima fraksi yang sementara ini ada, namun ada satu fraksi gabungan yang sudah menentukan siapa- siapa yang bakal duduk sebagai ketua fraksi gabungan.

Hal itu seperti yang diungkapkan, Syaiful Rosyid dari partai PKS. Dalam fraksi gabungan tersebut yang bakal duduk sebagai ketua fraksi dari PKS wakilnya dari Hanura dan sekretarisnya dari Demokrat.

BACA JUGA:Anggota DPRD Kabupaten Malang Termuda, Komitmen Sejahterakan Rakyat Lewat Rumah Djoeang HSM

Karena apa yang telah ditentukan tersebut, merupakan hasil musyawarah mufakat yang telah dilakukan fraksi gabungan. Kenapa ketua dari PKS, karrna pada fraksi gabungan ini, perolehan kursi yang banyak dari PKS.

"Nanti ketua fraksinya saya sendiri dari PKS, wakilnya pak Sutrisno Murdi dari Hanura dan sekretarisnya pak Musthofa dari Demokrat," tutup Rosyid. (kid)

Sumber: