Subandi Nyalon Bupati Sidoarjo Tanpa PKB

Subandi Nyalon Bupati Sidoarjo Tanpa PKB

Rombongan Subandi dan Mimik Idayana mendaftar ke KPU Sidoarjo.(met)--

SIDOARJO, MEMORANDUM.CO.ID - Ketua DPC PKB Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, H Subandi memilih mundur dari rekomendasi (rekom) pencalonan kepala daerah pada pilihan Kepala Daerah Kabupaten Sidoarjo 2024 dari partainya, PKB. Subandi memilih bergabung dengan partai koalisi untuk melawan calon kepala daerah yang diusung oleh partainya sendiri, PKB.

BACA JUGA:Demokrat Kaji Ulang Dukungan Subandi-Mimik di Pilbup Sidoarjo

Subandi mengatakan, dirinya mendapatkan rekom dari partainya untuk maju di Pilkada Sidoarjo sebagai calon bupati dipasangankan dengan Achmad Amir Aslichin sebagai wakilnya.

Akan tetapi, keputusan partainya itu ia tolak, dengan alasan jika ia berpasangan dengan I'in, sapaan Amir Aslichin, maka kontestasi pilkada di Sidoarjo bisa dipastikan akan bertarung melawan bumbung kosong, lantaran dirinya dengan I'in sama-sama didukung oleh partai lain selain PKB.

"Mas I'in sudah masuk di PDIP dan juga sudah mendapatkan rekom, kalau kita PKB dan PKB ini kan konyol. Bisa jadi pertarungan melawan bumbung kosong. Masak saya jadi bupati dan I'in jadi wakilnya, kan lucu," ujar Subandi, usai mendaftar calon bupati dan wakil bupati di KPU Sidoarjo, Kamis 29 Agustus 2024.

BACA JUGA:Plt Bupati Sidoarjo Subandi Kukuhkan Pengurus BPD Tahun 2024-2029

Menurut Subandi, ia memilih maju di Pilkada Sidoarjo bersama dengan Partai Gerindra, Golkar, Demokrat dan sejumlah partai non parlemen. Lantaran jauh sebelum rekom turun, sebagai Ketua DPC PKB Sidoarjo, ia sudah izin kepada DPP PKB untuk membangun koalisi dengan partai lain dan berkomitmen untuk bersama-sama membangun Sidoarjo menjadi lebih baik.

"Selama ini memang setiap kali yang diusung PKB selalu menang, tapi pimpinan daerah selalu berakhir tragis menjelang akhir masa jabatannya. Makanya saya ingin mengubah itu dengan membangun koalisi dengan partai lain dan berkomitmen bersama-sama membangun Sidoarjo yang bersih," terang Subandi.

Subandi yang masih aktif menjabat Plt Bupati Sidoarjo itu juga menegaskan, saat ini dirinya masih kader PKB. Dirinya belum menyatakan mengundurkan diri dari partainya PKB. Bahkan saat mendaftarkan diri ke KPU, dirinya masih sempat pamit ke DPW PKB dan diamini oleh partainya.

"Saya masih aktif sebagai pengurus partai PKB dan saya sudah izin, dan setelah saya menang nanti saya akan kembali ke PKB," pungkasnya.

BACA JUGA:Debat Publik Cabup-Cawabup Sidoarjo, Muhdlor-Subandi Paham Hadapi Masalah dan Solusi

Sebagai informasi, Subandi mendaftar ke KPU Sidoarjo sebagai calon Bupati Sidoarjo perpasangan dengan calon Wakil Bupati Sidoarjo, Mimik Idayana. Pasangan Subandi - Mimik ini diisung oleh partai Gerindra, Golkar, Demokrat dan sejumlah partai non parlemen.

Sementara PKB mendaftarkan pasangan Ahmad Amir Aslichin (Mas Iin) dan Edi Widodo pada Kamis malam (29/8/2024). Dengan partai pengusung lainnya antara lain PDIP dan PAN.(met/jok)

Sumber: