Raih Satya Lencana Kalung Melati Pramuka, Ini Pesan Pj Gubernur Jatim

Raih Satya Lencana Kalung Melati Pramuka, Ini Pesan Pj Gubernur Jatim

Foto bersama Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono usai upacara peringatan Hari Pramuka di Gedung Negara Grahadi.-Tri Haryoko-

"Pramuka harus menunjukkan bahwa merah putih di leher adalah simbol penting bahwa kita menjunjung tinggi kepentingan negara daripada hanya untuk kepentingan golongan," kata Adhy. 

BACA JUGA:Mutasi Sejumlah Pejabat Pemprov, Ini Pesan Pj Gubernur Adhy Karyono

Lebih lanjut, Adhy juga berharap agar Pramuka bisa berperan sebagai Agent of Change dalam berbagai aspek dan permasalahan di masyarakat. Salah satunya melalui kerjasama (MoU) antara Pramuka Kwarda Jatim dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim.

BACA JUGA:Ruangan Anak Buah Digeledah KPK, Pj Gubernur Jatim Sebut Bagian dari Mencari Data

"Pramuka sebagai generasi muda diharapkan bisa jadi Agent of Change dalam rangka penyuluhan dan pencegahan peredaran narkoba. Untuk itu kita melakukan MoU dengan BNNP. Tujuannya agar Pramuka bisa ikut serta dalam mengatasi persoalan narkoba," ungkap Adhy. 

Selain itu, dalam suasana tahun politik, Pramuka juga diharapkan bisa menjadi teladan bagi para generasi muda dalam mengambil sikap. 

BACA JUGA:Profil dan Harta Kekayaan Pj Sekdaprov Jatim Bobby Soemiarsono

"Pramuka jangan sampai disalahgunakan untuk urusan politik. Semua orang punya hak untuk berpolitik, tetapi Pramuka harus solid, netral dan mendukung semua bentuk stabilitas sosial, keamanan dan ekonomi yang pada akhirnya sebagai penjaga NKRI," tegasnya. 

BACA JUGA:Indonesia Juara Piala ASEAN U-19 Boys Championship 2024, Ini Apresiasi Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono

Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur Adhy juga mendapatkan penghargaan Satya Lencana Kalung Melati Pramuka dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Budi Waseso. Atas penghargaan tersebut, Adhy menyampaikan rasa syukur dan bangganya. 

BACA JUGA:Pemprov Jatim Kirimkan Tali Asih Bagi Perintis Kemerdekaan, Ini Pesan Pj Gubernur

Sementara itu, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Budi Waseso juga berpesan agar di momen peringatan Hari Pramuka ke-63 ini bisa terus membangkitkan semangat untuk mencetak generasi muda yang unggul guna dipersiapkan pada Indonesia Emas 2045 ini. 

BACA JUGA:Bantu Pemenuhan Hak Anak, Pj Gubernur Beri Award Wings Surya

"Semangat kebersamaan dan gotong royong bagi generasi muda harus terus dijaga. Jika Indonesia mau kuat, maka harus mandiri itu yang harus kita tanamkan dalam diri adik-adik Pramuka," jelasnya. 

BACA JUGA:Dewan Jatim Minta PJ Kepala Daerah Tertib Tak Manuver di Pilkada

Sumber: