Presiden Jokowi Lantik 3 Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju

Presiden Jokowi Lantik 3 Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju

Pelantikan Menteri--

JAKARTA, MEMORANDUM.CO.ID - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik tiga menteri negara dan satu wakil menteri negara Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024, di Istana Negara, Jakarta, Senin 19 Agustus 2024.

Pelantikan ini dilakukan berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 92/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024, dan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 52/M Tahun 2024 tentang Pengangkatan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 19 Agustus 2024.

BACA JUGA:Dua Tokoh Jawa Timur Jadi Menteri Kabinet Indonesia Maju

BACA JUGA:Usai Ikuti Sidang Kabinet Paripurna Perdana di IKN, Menteri AHY: Semangat Lanjutkan Pembangunan

Nama-nama pejabat yang dilantik, yaitu:

1. Supratman Andi Atgas sebagai Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) menggantikan Yasonna H Laoly.

2. Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan Arifin Tasrif

3. Rosan Perkasa Roeslani sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menggantikan Bahlil Lahadalia.

4. Angga Raka Prabowo, sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024.

BACA JUGA:Hadiri Sidang Kabinet Paripurna Perdana di IKN, Menteri AHY : Semangat Lanjutkan Pembangunan

Selanjutnya, Presiden mengambil sumpah jabatan para pejabat yang dilantik menjadi bagian dari Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024.

“Saya bersumpah/berjanji bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Presiden mendiktekan sumpah jabatan.

Masing-masing secara berurutan pejabat yang dilantik melakukan penandatangan berita acara pengambilan sumpah jabatan di hadapan Presiden RI

BACA JUGA:Kabinet AKSI Siap Bawa D3 Keperawatan Unair Lebih Aktif dan Berprestasi

Sumber: