DPRD Kabupaten Malang Gelar Rapat Paripurna Istimewa Mengikuti Pidato Presiden RI

DPRD Kabupaten Malang Gelar Rapat Paripurna Istimewa Mengikuti Pidato Presiden RI

Rapat paripurna istimewa di Gedung DPRD Kabupaten Malang.-Biro Malang Raya-

MALANG, MEMORANDUM.CO.ID - Forkopimda Kabupaten Malang dan anggota DPRD Kabupaten Malang mengikuti rapat paripurna Istimewa dengan agenda mengikuti pidato Presiden RI, di gedung DPRD Kabupaten Malang, Jumat 16 Agustus 2024. Rapat paripurna yang digelar 2 kali, pagi dan siang hari.

Dalam pidatonya, Presiden RI Joko Widodo menjelaskan tentang RAPBN tahun 2025 dan alokasinya. Disebutkan, tahun 2025 diprediksi perekonomian akan mengalami kenaikan sebesar 5 persen.

Semua nantinya akan dilakukan untuk pembangunan peningkatan infrastruktur yang berpihak pada masyarakat, diantaranya sektor pendidikan, kesehatan serta sosial. Misalnya, untuk tambahan makan sehat bagi siswa serta bantuan pendidikan bagi siswa.

BACA JUGA:Paparkan Kontribusi Perempuan dalam Membangun Negara, Reni Astuti Apresiasi Pidato Kenegaraan Puan Maharani

“Seperti bantuan pendidikan dasar rencananya akan diberikan pada 20 juta siswa, hal ini juga sudah berlaku pada tahun-tahun sebelumnya. Untuk tambahan makan gratis dijalankan, namun akan dilakukan secara bertahap," kata Presiden Jokowi dalam pidatonya.

Pada bidang kesehatan, untuk penurunan angka stunting mengalami peningkatan sebesar 75 persen dari tahun sebelumnya. Juga untuk mendukung lompatan kesejahteraan masyarakat, penangan pengangguran dengan memperluas lapangan pekerjaan.

BACA JUGA:Profil dan Harta Kekayaan Pj Sekdaprov Jatim Bobby Soemiarsono

Dalam pidatonya, Presiden mengungkapkan pada tahun mendatang akan terjadi peningkatan ekonomi sebasr 5,2 persen. Melalui perluasan lapangan kerja yang bekerjasama dengan industri.

Bahkan pemerintah juga memikirkan masyarakat yang masih kurang beruntung, dengan melakukan peningkatan penyediaan rumah murah. Serta peningkatan perekonomian dengan pemberdayaan UMKM.

Pada intinya, pembangunan infrastruktur tetap berpihak pada peningkatan ekonomi, baik melalui sektor pendidikan, kesehatan dan juga pangan. Untuk bidang pendidikan, untuk menciptakan SDM yang unggul.

BACA JUGA:Kejari Surabaya Serahkan Memori Kasasi ke PN Surabaya, Kasi Intel: Kami akan Buktikan Putusan Hakim Salah

“Maka kedepan harus dilakukan optimalisasi pendapatan serta melakukan efisiensi serta melakukan belanja yang kualitatif dan berkualitas. Maka dalam penggunakan anggaran belanja harus fleksibel dan berhati-hati,” ujar Jokowi dalam pidatonya.

Terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Malang Darmadi SSos mengatakan RAPBD Kabupaten Malang tahun 2025 yang telah disepakati bersama antara Bupati dan DPRD, hampir seluruhnya selaras dengan dengan RAPBN. Paling utama terkait sektor pendidikan dan kesehatan.

BACA JUGA:Penggeledahan Gedung Setdaprov Jatim Tuntas, KPK Bawa 1 Koper Merah

Sumber: