Polres Bangkalan Rutinitas Latihan Dalmas Jelang Pilkada Serentak

Polres Bangkalan Rutinitas Latihan Dalmas Jelang Pilkada Serentak

Polres Bangkalan Rutinitas Latihan Dalmas Jelang Pilkada Serentak--

BANGKALAN, MEMORANDUM - Mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas saat pelaksanaan pilkada serentak 27 November 2024,  Polres Bangkalan mulai memaksimalkan latihan Dalmas.

Dipandu langsung Kasat Samapta Polres Bangkan, AKP Buntoro, sedikitnya 50 personel gabungan dari semua satfung (satuan fungsi) di lingkup polres dan 17 polsek jajaran antusias ambil bagian dalam rutinitas latihan dalmas di lapangan apel Maplres Bangkalan.

“Sesuai amanah Bapak Kapolres AKBP Febri Isman Jaya, rutinitas pelatihan dalmas ini harus mulai rutin kami siapkan secara maksimal,” kata AKP Buntoro.

BACA JUGA:Polres Bangkalan Renovasi Rumah Tidak Layak Huni di Kelurahan Pejagan

BACA JUGA:Satresnarkoba Polres Bangkalan Amankan ART dan Karyawan SPBU Pengedar Sabu

Amanah tugas ini, lanjutnya, harus ditindak lanjuti dengan penuh tanggung jawab. Terlebih, proses tahapan persiapan penyelenggaraan pilkada serentak. Termasuk Pilbup Bangkalan, sudah mulai sejak Mei lalu.

”Jadi kesiapan pasukan dalmas harus sudah kami persiapkan secara maksimal melalui rutinitas pelatihan,” tandas AKP Buntoro. 

Targetnya, agar pesonel Polres dan polsek jajaran sebagai penanggung jawab pengamanan pilkada serentak, sudah  membekali diri dengan kesiapan yang paripurna. Sebab di sela proses tahapapan persiapan dan penyelenggaraan pilkada serentak, termasuk Pilbup Bangkalan, menurut AKP Buntoro cukup berpotensi dan kemungkinan terjadinya gangguan kamtibmas beraroma kericuhan politik praktis.

“Polisi sebagai penanggung jawab pengamanan digarda terdepan, harus sudah memiliki kesiapan yang terukur untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya gesekan dan kericuhan di lapangan,” jelas AKP Buntoro. 

BACA JUGA:Satlantas Polres Bangkalan Kawal Tertib Lalin di Kawasan Padat Kendaraan

BACA JUGA:Cegah Gangguan Kamtibmas, Patroli Malam Tim Gabungan Polres Bangkalan Sisir Kawasan Rawan 3C

Latiham dalmas bertujuan agar situasi dan kondisi Kabupaten Bangkalan sepanjang tahapan persiapan dan pelaksanaan lilkada serentak nanti, tetap terjaga dan terpelihara kondusif.

AKP Buntoro, menambahkan, personel  polres dan polsek jajaran yang terekrut sebagai  pengamanan pilkada atau pilbup nanti, fokus pada kemampuan tehnik dalmas, serta penerapan formasi, taktik dan strategi pengamanan jika sewaktu-watu terjadi kericuhan di lapangan.

Pengamanan di lapangan, harus diterapkan tindakan yang  persuasif, humanis dan presisisi. “Ini amanah Bapak Kapolres yang harus kami kami upayakan dengan penuh tanggung jawab,” pungkas AKP Buntoro. (ras/day)

Sumber: