Er-Ji Tak Terbendung Tapi Kubu Penantang Bukan Tak Mungkin Buat Kejutan

Er-Ji Tak Terbendung Tapi Kubu Penantang Bukan Tak Mungkin Buat Kejutan

Pengamat Politik Ikhsan Rosidi.--

SURABAYA, MEMORANDUM - PDIP akhirnya menyerahkan rekomendasi kepada pasangan Eri-Armuji (Er-Ji) untuk maju dalam kontestasi Pilwali Kota Surabaya 2024. 

Pengamat politik Ikhsan Rosidi menelaah bahwa PDIP Jatim terbukti konsisten dengan keputusannya dari awal. 

"Bahwa dalam Pilkada 2024 akan tetap mengusung kader-kadernya yang menjadi petahana kepala daerah untuk berlaga kembali dalam pilkada, termasuk di Kota Surabaya, " kata Ikhsan, Selasa 30 Juli 2024.

Ikhsan mengatakan, jika cermat dan mampu mengemas menjadi sebuah kemenangan, Pilkada Surabaya kali ini dapat dijadikan momentum bagi PDIP untuk mengembalikan marwah sebagai partai besar di Surabaya, setelah dominasinya sedikit tersayat pada Pileg dan Pilpres yang lalu.

BACA JUGA:Koalisi Gemuk Er-Ji

"Mengingat dengan tingkat popularitas dan elektabilitas tertinggi dan nyaris tak terkejar oleh nama-nama tokoh lain, peluang Er-Ji dalam Pilwali mendatang memang terbilang cukup lapang, ditambah dengan insentif elektoral sebagai petahana akan memudahkan Er-Ji menjalin kekuatan dan jaringan politik, " paparnya. 

Ikhsan mengatakan, peluang Er-Ji menang semakin besar karena didukung banyak partai seperti PKS, PAN, Demokrat, dan PKB.

"Mitra koalisi partai pendukung (PKB, PAN, PKS, Demokrat) jika solid juga akan menjadi kekuatan signifikan yang semakin memuluskan jalan Er-Ji menuju Balai Kota kembali, " kata Ikhsan. 

Namun potensi untuk terjadinya koalisi gemuk belum akan segera terwujud. "Mengingat kubu Gerindra yang kemungkinan besar akan bergandengan dengan PSI dan Golkar diyakini akan segera menyusul mengumumkan calon mereka sendiri yang akan menjadi penantang Er-Ji, " jelasnya. 

BACA JUGA:Er-Ji Kembalikan Formulir Pendaftaran, Muhaimin: Idealnya Eri Berpasangan dengan Kader PPP

Pihaknya menelaah, peluang Er-Ji dalam Pilwali mendatang memang terbilang cukup lapang, namun tidak menutup kemungkinan akan ada kubu penantang yang membuat kejutan dalam Pilwali nanti. 

 "Jika Gerindra dan PSI dapat mempertahankan tren performa gemilang mereka di pileg yang lalu dan mampu menjaga momentum Prabowo effect dalam menyokong siapapun calon mereka nanti, maka kontestasi Pilwali Surabaya 2024 akan berlangsung sangat ketat, krena kubu penantang bukan tidak mungkin membuat kejutan lagi nanti," pungkasnya.(alf)

Sumber: