Jelang Hari Kemerdekaan RI Ke-79, Pj. Bupati Lumajang Bagikan Bendera Merah Putih

Jelang Hari Kemerdekaan RI Ke-79, Pj. Bupati Lumajang Bagikan Bendera Merah Putih

Indah Wahyuni Pj. Bupati Lumajang Membagikan Bendera Merah Putih-Biro Lumajang-

LUMAJANG, MEMORANDUM - Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun) membagikan Bendera Merah Putih secara simbolis kepada para Camat dan Kepala Desa di lingkup Kabupaten Lumajang. Acara tersebut berlangsung pada Upacara Bendera Aparatur Sipil Negara (ASN) di Halaman Kantor Bupati Lumajang, Senin 29 Juli 2024.

Dalam sambutannya, Indah Wahyuni menekankan bahwa pembagian Bendera Merah Putih tersebut bukan sekadar seremonial, melainkan sebagai simbol kejayaan dan kebesaran bangsa Indonesia.

"Bendera Merah Putih bukan hanya selembar kain, tetapi lambang dari cita-cita dan pengorbanan para pahlawan kita dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan," ujarnya.

Indah Wahyuni juga menyatakan bahwa sejak pertama kali dikibarkan, Bendera Merah Putih telah menjadi tonggak semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Berbagai suku, agama, dan budaya bersatu padu dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

BACA JUGA:Pj. Bupati Lumajang Ajak Masyarakat Lestarikan Ekosistem Sungai

Menurutnya, pembagian bendera tersebut juga memiliki makna mendalam bahwa tugas mulia para pahlawan belum selesai.

"Sebagai masyarakat yang merdeka dan berdaulat, kita mempunyai tanggung jawab untuk menjaga keutuhan negara, memajukan kesejahteraan bersama, serta mempertahankan nilai-nilai luhur bangsa," katanya.

Pengumpulan bendera merah putih dilakukan dengan menggalang partisipasi dan swadaya masyarakat, baik secara individual maupun kelompok, termasuk organisasi kemasyarakatan, partai politik, serta unsur pemerintahan dan swasta. Bendera yang terkumpul tersebut kemudian dibagikan kepada masyarakat untuk dikibarkan di wilayah atau rumah masing-masing.(Ags)

Sumber: