Konsisten Bagikan Dividen, BJTM Sabet Penghargaan High Dividen dari Indeks52

Konsisten Bagikan Dividen, BJTM Sabet Penghargaan High Dividen dari Indeks52

AVP Manajemen Investor Bank Jatim Derry Widya Ariyanta menerima High Dividend Malam Apresiasi Emiten 2024.--

SURABAYA, MEMORANDUM - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) kembali meraih penghargaan prestisius sebagai salah satu emiten kategori High Dividend dalam acara Malam Apresiasi Emiten 2024 yang diselenggarakan oleh Indeks Tempo-IDNFinancials 52. Bertempat di Hotel Novotel Balikpapan, apresiasi tersebut diterima oleh AVP Manajemen Investor Bank Jatim Derry Widya Ariyanta.

Penghargaan tersebut didapatkan karena BJTM dinilai selalu konsisten dalam membagikan dividen setiap tahunnya. Indeks52 yang diluncurkan oleh Tempo dan IDNFinancials.com pada Juni 2023 lalu, kini memasuki tahun kedua. Setelah mereview berdasarkan laporan keuangan per Desember 2023, sedikitnya ada 84 emiten masuk dalam konstituen Indeks52 yang terdiri dari 4 kategori. Yaitu Main Index, High Growth, High Dividend, dan Big Market Capitalization.

Direktur Utama bankjatim Busrul Iman mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas apresiasi yang telah diberikan kepada perseroan. Diakui Busrul, dalam lima tahun terakhir pemberian dividen kepada pemegang saham terus mengalami peningkatan. Terakhir, pembagian dividen yang telah disetujui oleh RUPS Tahun Buku 2023 mencatat rekor tertinggi yaitu sebesar Rp 54,39 / lembar saham atau dengan rasio pembayaran 55,55% dari laba bersih tahun buku 2023. “Pembagian dividen yang selalu meningkat di setiap tahunnya, mampu menjadikan saham BJTM sebagai salah satu saham favorit pilihan masyarakat dalam berinvestasi,” tegasnya.

Adapun pembagian dividen tersebut sejalan dengan kinerja BJTM yang cukup moncer pada tahun 2023. Terlihat dari jumlah aset bankjatim sepanjang 2023 mencapai Rp103,85 triliun atau naik 0,80% dari tahun sebelumnya. “Secara umum bankjatim telah memenuhi harapan para pemangku kepentingan. Berbagai target yang telah ditetapkan telah terealisasi di tahun 2023. Contohnya, ekspansi kredit yang diberikan BJTM pada tahun 2023 berada di angka Rp 54,76 triliun atau naik 18,54% (YoY). Angka ltersebut tumbuh diatas rata-rata pertumbuhan kredit nasional yang hanya sebesar 10,3%,” papar Busrul.

BACA JUGA:Tingkatkan Penerapan ETPD, Bank Jatim Bersama Pemkot Batu Launching KKPD

Menurutnya, bankjatim yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov Jawa Timur terus konsisten menjadi penyumbang PAD terbesar melalui dividen yang dibagikan. Bentuk kontribusi konkrit lainnya yang telah dilakukan oleh bankjatim kepada masyarakat adalah melalui penyaluran Corporate Social Responsibility (CSR) bankjatim peduli. Pada tahun 2023, bankjatim telah mengalokasikan dana CSR sebesar Rp17,4 miliar yang terbagi pada sektor pendidikan, kesehatan, kebudayaan, dan sosial. Melalui CSR itu, BJTM berharap bisa ikut andil dalam upaya mendorong kemajuan, memberdayakan dan menciptakan kemandirian masyarakat, serta meningkatkan ekonomi setempat.

Perwakilan Komite Indeks52 Luther Sembiring mengatakan, tercapainya jumlah 84 konstituen yang mendapat penghargaan lantaran perusahaan publik tersebut berhasil menampilkan kinerja moncer pada beberapa kategori dalam Indeks52. 

Sebagai informasi, pada kategori Main, jumlah kapitalisasi pasar mencapai 8,25 kuadraliun. Kategori High Growth kapitalisasi pasar sebesar 7,17 kuadraliun. Lalu High Dividen mencapai 6 kuadraliun dan Big Market Cap sebesar 8,43 kuadraliun. “84 emiten yang menjadi konstituen Indeks52 ini di bawah 10 persen dari total emiten yang tercatat di pasar modal (Bursa Efek Indonesia). Kami berharap Indeks 52 dapat menjadi alternatif bagi calon investor untuk berinvestasi di pasar modal,” ujar Luther.(day)

Sumber: