BPN Jatim Gandeng Komisi II DPR RI Sukseskan Penyelesaian 2,8 Juta Bidang Sertifikat Tanah Program PTSL

BPN Jatim Gandeng Komisi II DPR RI Sukseskan Penyelesaian 2,8 Juta Bidang Sertifikat Tanah Program PTSL

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo, Muh Rizal (kiri) bersama Rahmat Muhajirin, Plt Bupati Subandi, Ganang Anindito menjadi narasumber sosialisasi PSN. --

SIDOARJO, MEMORANDUM - Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Timur dengan Komisi ll DPR RI terus melakukan upaya mensukseskan Program Strategis Nasional (PSN) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional terutama Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Layanan Sertifikat Elektronik.

Langkah tersebut dilakukan dengan menggelar sosialisasi kepada masyarakat Jawa Timur. Salah satunya di Kabupaten Sidoarjo, Rabu, 24 Juli 2024.

Pejabat Fungsional Madya Kanwil BPN Provinsi Jawa Timur, Ganang Anindito, menyampaikan bahwa pada tahun 2024, Provinsi Jawa Timur memiliki target PTSL yang paling tinggi yaitu 2,8 juta bidang tanah dan akan dituntaskan pada bulan Oktober.

"Dapat saya sampaikan juga 100 hari program kerja Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur salah satunya menitikberatkan pada komitmen penyelesian PTSL pada bulan Oktober 2024 tuntas." kata Ganang dalam sosialisasi Program Strategis Nasional.

BACA JUGA:Komisi II DPR RI Dukung Program Strategis Kementerian ATR/BPN di Tuban, 8 Warga Terima Sertifikat PTSL

BACA JUGA:5.000 Sertifikat yang Dibagi Presiden Joko Widodo Hari Ini adalah Program PTSL, Redistribusi dan Tanah Wakaf

Ia juga menyampaikan tentang tindaklanjut arahan dari Menteri ATR/BPN, bahwa mulai tanggal 1 Juni 2024. Bahwa untuk kegiatan PTSL tahun 2024 diterbitkan sertifikat elektronik.

Dan juga pada sejak tanggal 20 Juli 2024 seluruh kantor pertanahan di Jawa Timur, sebanyak 39 kantor pertanahan telah resmi bertransformasi melaksanakan layanan sertifikat elektronik. 

"Sertifikat sebelumya yang dicetak dalam format blanko akan di ubah menjadi dokumen elektronik yang tersimpan secara digital dan dapat menggunakan secure paper. Masyarakat tidak perlu khawatir akan sertifikat palsu atau sertifikat hilang karena semua data sertifikat sudah tervalidasi dan akan tersimpan dalam sistem komputer kantor BPN," katanya.

BACA JUGA:Siang Ini Menteri ATR/Kepala BPN Serahkan Sertipikat PTSL Korban Lumpur Lapindo

Hadir dalam acara Sosialisasi Program Strategis Nasional Kementerian Agraria Kementerian ATR/BPN di Kabupaten Sidoarjo yakni Plt Bupati Kabupaten Sidoarjo, Subandi dan narasumber Komisi ll DPR RI Rahmat Muhajirin, serta Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo, Muh Rizal. (mik)

Sumber: