Gelar Pasukan, Polres Pasuruan Siap Operasi Patuh Semeru 2024

Gelar Pasukan, Polres Pasuruan Siap Operasi Patuh Semeru 2024

Kapolres Pasuruan AKBP Teddy Chandra menyiapkan personel yang akan diterjunkan dalam Operasi Patuh Semeru 2024.-Biro Pasuruan-

PASURUAN, MEMORANDUM - Kapolres Pasuruan AKBP Teddy Chandra memimpin langsung Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru 2024. Apel tersebut digelar di lapangan Apel Sarja Arya Racana Polres Pasuruan, Senin 15 Juli 2024.

Apel Gelar Pasukan dihadiri Wakapolres Kompol Hari Aziz, para pejabat utama (PJU), kapolsek jajaran, personel TNI-Polri dan instansi terkait lainnya.

BACA JUGA:Operasi Patuh Semeru 2024, Propam Polres Situbondo Periksa Kedisiplinan Anggota

Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui sejauhmana kesiapan personel yang terlibat maupun sarana pendukung lainnya. Sehingga kegiatan Operasi Patuh Semeru 2024 dapat berjalan dengan optimal dan berhasil sesuai tujuan.

Kapolres dalam sambutannya membacakan amanat dari Kapolda Jatim Irjenpol Imam Sugianto. Isinya ada beberapa poin. Di antaranya, Polda Jatim beserta seluruh jajaran dengan dibantu oleh stakeholder terkait akan melaksanakan Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi Operasi Patuh Semeru 2024.

BACA JUGA:Polisi Gelar Opersi Patuh, 8 Pelanggaran Jadi sasaran

Operasi ini akan digelar selama 14 hari. Mulai 15 sampai 28 Juli 2024 di seluruh wilayah Jatim. Tema Operasi: Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Indonesia Emas.

“Tema tersebut menekankan pentingnya keselamatan dan ketaatan dalam berlalu lintas sebagai bagian dari upaya mencapai kemajuan indonesia," terang Kapolres.

BACA JUGA:Operasi Patuh Semeru Kerahkan 120 Personil, Jaring 14 Pelanggaran Lalin

Lebih lanjut, AKBP Teddy mengatakan, dalam pelaksanaan Operasi ini akan dilakukan kegiatan preemtif sebanyak 40 persen, preventif 40 persen, dan represif sebanyak 20 persen. Tujuannya adalah membangun budaya tertib berlalu lintas di tengah masyarakat. Yakni dengan mengutamakan kegiatan edukatif, persuasif, dan humanis.

Pendekatan ini didukung oleh penegakan hukum, baik secara langsung maupun melalui sistem elektronik, seperti ETLE Statis dan ETLE Mobile. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di wilayah Jatim.

BACA JUGA:Operasi Patuh Semeru 2024 Digelar di Lumajang, Sasar Berbagai Pelanggaran Lalu Lintas

Sebelum mengakhiri sambutannya, kapolres membacakan beberapa penekanan Kapolda Jatim selama pelaksanaan operasi. Pertama, selalu memanjatkan doa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa sebelum pelaksanaan tugas. Hal ini untuk memohon perlindungan dan keselamatan dalam pelaksanaan kegiatan.

Kedua, jalin sinergisitas dan kolaborasi yang baik dengan TNI, Pemerintah setempat, Instansi terkait, dan seluruh lapisan masyarakat guna keberhasilan pelaksanaan Operasi. Ketiga, pedomani standar operasional prosedur (SOP) yang ada dengan mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan. Serta jangan lupa untuk menjaga stamina dan kesehatan saudara.

BACA JUGA:Hari Bhakti Adhiyaksa Ke-64, Kejari Tanjung Perak Gelar Donor Darah dan Penanaman Pohon

Keempat, hindari tindakan kontraproduktif dan melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab agar Polri yang presisi bisa terwujud.

Setelah Apel Gelar Pasukan berakhir, kapolres melanjutkan dengan pengecekan kendaraan dinas dan kendaraan pendukung lainnya. (*)

Sumber: