Pemkab Jember Gandeng Perdami dan PT Erela Gelar Operasi Katarak Gratis Bagi 60 Pasien

Pemkab Jember Gandeng Perdami dan PT Erela Gelar Operasi Katarak Gratis Bagi 60 Pasien

Dinkes) Kabupaten Jember bersama Rumah Sakit Daerah (RSD) dr Soebandi, Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami), dan PT Erela berkolaborasi menggelar bakti sosial operasi katarak gratis-Biro Jember-

File Foto Edy Winarko

1. Tim Medis dr Soebandi Jember periksa kondisi mata pasien sebelum dilakukan Operasi Katarak.

 

Pemkab Jember Gandeng Perdami dan PT Erela Gelar Operasi Katarak Gratis Bagi 60 Pasien

 

 

 

JEMBER, MEMORANDUM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jember bersama Rumah Sakit Daerah (RSD) dr Soebandi, Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami), dan PT Erela berkolaborasi menggelar bakti sosial operasi katarak gratis bagi 60 pasien di RSD dr Soebandi, Sabtu 13 Juli 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program J-Terak (Jember Tindakan Eliminasi Katarak), sebuah inovasi layanan RSD dr Soebandi yang telah berjalan selama tiga tahun.

Kepala Dinkes Jember, dr Hendro Soelistijono, mengungkapkan bahwa operasi katarak gratis ini merupakan hasil skrining di Puskesmas terhadap 250 pasien sakit mata, dimana 140 orang di antaranya dinyatakan layak operasi.

"Operasi ini menyasar 100 orang, termasuk pendamping pasien katarak dan masyarakat di sekitar rumah sakit. 60 pasien pertama dioperasi hari ini, dan sisanya akan dilakukan pada operasi selanjutnya," jelas dr Hendro, Senin 15 Juli 2024.

BACA JUGA:Yabhysa dan Dinkes Ungkap Tingginya Angka Pasien Positif Terpapar TBC di Jember

Ia menambahkan bahwa angka prevalensi katarak di Kabupaten Jember mencapai 1,8 persen, dengan sekitar 400 orang dari 2,6 juta penduduk Jember yang terjangkit penyakit mata ini. Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat untuk segera memeriksakan diri ke Puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya jika mengalami gangguan penglihatan.

Direktur RSD dr Soebandi Jember, dr Lilik Laliyah, berharap PT Erela dan Perdami dapat terus mendukung program operasi katarak gratis ini di tahun-tahun berikutnya.

Sumber: