Ritual Perayaan Suro dan Tahun Baru Islam, Puluhan Tumpeng di Arak Menuju Makam Mbah Toan Sido Branti Lumajang

Ritual Perayaan Suro dan Tahun Baru Islam, Puluhan Tumpeng di Arak Menuju Makam Mbah Toan Sido Branti Lumajang

Iring- Iringan Arak Arak'an Tumpeng --

LUMAJANG, MEMORANDUM  - Memperingati Tahun Baru Islam 1446 Hijiriah, ribuan warga lereng Gunung Semeru, tepatnya di Desa Tumpeng, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang Jawa Timur, menggelar kirab tumpeng.

Kirab tumpeng ini dilakukan oleh warga dari lima dusun Desa Tumpeng yakni, Dusun Besuk Selatan, Besuk Utara, Tumpeng Barat, Tumpeng Krajan dan Tumpeng Timur.

Di tengah suasana pagi yang cerah, warga berjalan kaki dengan membawa nasi tumpeng serta lauk pauknya menuju Makan Toan Sido Branti

Sampai di lokasi mereka menggelar doa bersama wujud rituan perayaan Suro dan memperebutkan tumpeng tersebut.

BACA JUGA:Rangkaian Perayaan Suro, Pemdes Tambahrejo Lumajang Gelar Ritual Ojung, Lestarikan Budaya Agar Tidak Punah

BACA JUGA:Polsek Bojonegoro Kota Tasyakuran HUT Bhayangkara ke-78 dan Bulan Suro Agung

Kegiatan ini merupakan bentuk sedekah bumi pada bulan Muharram. "Sedekah bumi ini adalah sebagai bentuk rasa syukur kami kepada Yang Maha Pencinta dengan rezeki dari pertanian, yang diberikan kepada warga," kata Kepala Desa Tumpeng, Moh Deni Purwadi dikonfirmasi Memorandum, Sabtu 13 Juli 2024.

"Tumpeng ini akan kami bawa dari sini (balai desa) menuju makam Mbah Toan Sido Branti pada hari ini," kata Deni, dengan mimik wajah penuh semangat.

BACA JUGA:Menantang Adrenalin, Pendakian Gunung Semeru yang Penuh Tantangan

BACA JUGA:Deretan Letusan Terdahsyat Gunung Semeru Sejak Tahun 1818

BACA JUGA:Ikawati ATR/BPN Sumbang Rp 605 Juta untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Lanjut Deni, kegiatan ini masih dalam rangkaian Loemajang Mbiyan, yang digelar di wilayah Kecamatan Candipuro dengan lebel 'Seminggu Ning Candipuro'.

Deni berharap gelarnya tumpengan tersebut, desa yang ia pimpin di jauhkan dari segala musibah, dan supaya hasil panen dari warga desa tumpeng itu bisa melimpah ruah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.( Ags )

Sumber: