Resmikan Gedung Serba Guna Pulo Kencono, Pemdes Rangkah Kidul Nanggap Wayang Kulit Khas Sidoarjo

Resmikan Gedung Serba Guna Pulo Kencono, Pemdes Rangkah Kidul Nanggap Wayang Kulit Khas Sidoarjo

Pemdes Rangkah Kidul, Kecamatan Sidoarjo nanggap wayang kulit khas Sidoarjo gagrak porongan.(im)--

SIDOARJO, MEMORANDUM - Pemerintah Desa (Pemdes) Rangkah Kidul, Kecamatan Sidoarjo uri-uri budoyo Jowo dalam peresmian Gedung Serba Guna Pulo Kencono, Sabtu malam 6 Juni 2024.

Desa yang dipimpin Kades H Warlheiyono atau akrab disapa Lurah Bolet itu meramaikan persemian gedung serba guna desanya dengan nanggap wayang kulit khas Sidoarjo, gagrak porongan.

Dalang yang tampil adalah Ki Sigit Harimurti, memainkan lakon Krisno Yudo. Ki Falang Sigit Harimurti mampu menghibur masyarakat yang menyaksikan kesenian tradisional asli kota Delta.

BACA JUGA:Wayang Kulit Khas Sidoarjo Gagrak Porongan, Diawali di Balai Desa Watugolong Krian

BACA JUGA:Lestarikan Tradisi Ruwat Desa, Pemdes Kedungwonokerto Gelar Wayang Kulit

Pagelaran wayang kulit gagrak porongan di Rangkah Kidul ini merupakan penampilan yang ke-4 di Sidoarjo belakangan ini. Acara ini dihadiri Kepala Dinas  Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo Dr Tirto Adi MPd, Forkopimka Sidoarjo, perwakilan dari Kapolsek Sidoarjo Kota, Komandan Koramil beserta jajarannya, Camat Sidoarjo Kota, muspika, tokoh agama, tokoh masyarakat, BPD, LPMD, PKK, kartar, RT, RW dan warga Rangkah Kidul.

Pagelaran wayang kulit khas Sidoarjo ini digelar di 12 desa dan di Rangkah Kidul penampilan ke-4 untuk peresmian Gedung Serba Guna Pulo Kencono.

BACA JUGA:Lestarikan Budaya Kearifan Lokal, Bersih Desa Bangoan Menggelar Wayang Kulit Dalang Cilik

Lurah Bolet dalam kesempatan ini mengajak warga guyup rukun dan bisa membangun Desa Rangkah Kidul. Sementara Camat Sidoarjo Gundari mengatakan, kalau setiap desa mempunyai gedung serba guna seperti Desa Rangkah Kidul, ini akan mengurangi warga menutup jalan dalam acara hajatan. Gedung ini bisa untuk olah raga atau acara lain.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Sidoarjo Dr Tirto Adi MPd dalam kesempatan ini mengajak semua pihak memajukan budaya warisan leluhur seperti wayang kulit khas Sidoarjo.(im/jok)

Sumber: