Selangkah Lagi Kontingen Indonesia Juara Umum AUG 2024

Selangkah Lagi Kontingen Indonesia Juara Umum AUG 2024

Prosesi pengalungan medali Kontingen Indonesia AUG 2024.--

SURABAYA, MEMORANDUM - Kontingen Indonesia selangkah mengunci status juara umum 21th ASEAN University Games 2024 usai mendapatkan tambahan empat medali emas dari cabang olahraga taekwondo dan atletik pada Rabu 3 Juni 2024.

Adalah taekwondoin Raihan Muhammad Bastam (63 kg putra) dan taekwondoin Silvana Lamanda (62 kg putri) yang mempersembahkan medali emas saat tampil di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur. 

Bastam mengamankan medali emas usai unggul dua ronde melawan Sritimongkol Napat (Thailand). Sementara Silvana unggul 2-1 dari Sukhamon Pacharaporn (Thailand).

Sedangkan dua keping lainnya diberikan pelari 1.500m putra Wahyudi Putra dan pelompat jauh Vinsensia Awutet Amjaram di Lapangan Atletik Universitas Surabaya.

BACA JUGA:Hari Pertama AUG XXI 2024, Judo Sukses Sumbang 3 Emas Untuk Indonesia

BACA JUGA:Dikuti 11 Negara ASEAN, Menpora Target Indonesia Juara Umum AUG XXI 2024

Hasil ini menambah torehan emas yang didapat pada sesi pagi hari melalui penampilan sepak takraw nomor quadrant putra. Dengan demikian, Kontingen Indonesia kian kokoh berada di ranking satu klasemen sementara AUG 2024 dengan 84 emas.

“Alhamdulillah posisi kita semakin kuat di klasemen, dan peluang menjadi juara umum kian besar. Namun, kita tidak boleh jemawa, mengingat masih ada medali yang diperebutkan sampai 6 Juli 2024. Saya berpesan kepada para atlet untuk jangan lengah, jaga fokus dan motivasi merebut medali emas yang tersisa,” kata Del Asri, Ketua Kontingen Indonesia.

Del Asri mengatakan hasil positif tersebut didapat berkat kerja keras atlet dan pelatih yang didukung penuh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Belmawa Dikti), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“Ini berkat dukungan maksimal yang diberikan semua pihak sehingga atlet dan pelatih bisa fokus pada pertandingan dan meraih prestasi terbaik dengan menyediakan tim pendukung sports science yang terdiri dari dokter spesialis kesehatan olahraga, psikolog olahraga, fisioterapi, paramedik dan masseur,” tambah Del Asri. (rid) 

BACA JUGA:Pembukaan ASEAN University Games 2024, Unesa Siap Jadi Tuan Rumah Terbaik

Raihan Emas AUG, pada Rabu 3 Juli 2024 

79 Sepak Takraw-Men’s Quadrant an Muhammad Hafizh dkk 

81 Taekwondo - Men’s - 63kg an Raihan Muhammad Bastam

Sumber: