Dikejar Massa, Jambret HP Sembunyi di Plafon Rumah Warga

Dikejar Massa, Jambret HP Sembunyi di Plafon Rumah Warga

Nurcolis Syahrul diamankan anggota ke Mapolsek Wonocolo. -Oskario Udayana-

SURABAYA, MEMORANDUM - Dua jambret HP wanita di Jalan Prapen, Surabaya, babak belur dimassa warga Jalan Sidosermo IV-A Gang 12. Bandit apes itu, Avi (21) dan Nurcholis Syahrul (26), keduanya warga Jalan Pasar Keputran, Surabaya.

BACA JUGA:Nikahi Gadis di Bawah, Pengurus Ponpes Candipuro Ditahan 

Bahkan, karena takutnya Sahrul sempat kabur dan sembunyi di plafon rumah warga hingga jebol. Beruntung polisi cepat datang dan mengamankannya dari amuk massa ke Mapolsek Tenggilis.

BACA JUGA:Rekonstruksi Perampokan dan Pembunuhan Istri Agen BRI Link Gresik, Tersangka Peragakan 28 Adegan 

Menurut keterangan Choirul Anam, pemilik rumah yang dijadikan tempat bersembunyi tersangka di Jalan Sidosermo IV Gang 12, mengungkapkan sebelum tertangkap, Syahrul bersama temannya Avi merampas HP di Jalan Prapen pada Minggu 30 Juni 2024 sekitar pukul 04.45 WIB.

BACA JUGA:Produksi Narkoba di Kota Malang Dipandu WNA lewat Zoom 

Namun, Avi berhasil ditangkap oleh sekuriti dan massa. Sedangkan Syahrul lari dan dikejar hingga ke permukiman warga Sidosermo IV Gang 12. Kemudian masuk ke rumah kos Anam.

BACA JUGA:Bongkar Pabrik Narkoba di Kota Malang, Ini Peran 8 Tersangka 

"Pelaku masuk melalui rumah kos saya dan sembunyi ke plafon. Tapi pelaku mungkin kayu yang dinaiki tidak kuat, sehingga jebol lalu terjatuh," ungkap Anam, yang juga keamanan RW 3 Sidosermo ini, Rabu 3 Juli 2024.

BACA JUGA:Jual Motor Curian Rp 700 Ribu, Ditukar Tuntutan 2 Tahun Penjara 

Saat terjatuh, diketahui oleh istri Anam yang hendak salat Subuh dan sempat minta tolong agar diperbolehkan sembunyi di rumahnya. "Kata pelaku sembunyi karena dikejar gangster," imbuh dia.

BACA JUGA:Curi Motor untuk Bayar Utang, Pria Tambak Wedi Jadi Pesakitan 

Namun, Anam tidak percaya begitu saja. Kemudian minta bukti kepada Syahrul jika dikejar gangster maka berani keluar rumah dan bilang kepada massa yang menunggu di luar.

BACA JUGA:Hasilkan Sinte, Pabrik Narkoba di Malang Terbesar di Indonesia 

Kemudian keluar dan ditunjukkan ke massa, ternyata Syahrul merupakan jambret HP di Prapen. Massa yang geram langsung memukulinya. Melihat massa banyak kemudian tersangka diamankan di rumah kos warga.

Hingga akhirnya anggota Reskrim Polsek Wonocolo datang dan mengamankannya ke mako menggunakan mobil patroli.

"Beruntung pelaku sewaktu jatuh di rumahnya pelaku tidak membawa senjata tajam," tandas Anam.


Choirul Anam menunjukkan plafon rumahnya yang dijadikan persembunyian pejambret.-Oskario Udayana-

Sementara itu, Kanitreskrim Polsek Wonocolo AKP Kusmianto membenarkan telah mengamankan tersangka jambret. Karena locus delecti-nya di Jalan Prapen kemudian diserahkan ke Polsek Tenggilis.

"Sudah kami serahkan ke sana (Polsek Tenggilis) karena yang punya wilayah," kata Kusmianto.

Sedagkan Kapolsek Tenggilis Mejoyo Kompol Tego Marwoto melalui Kanitreskrim Ipda Aris Nuriyanto membenarkan terkait penangkapan dua penjambret di Jalan Prapen dan Sidosermo.

BACA JUGA:Gaji Ke-13 Ludes untuk Judi Online, Satpol PP Bacok Mertua

"TKP jambret di Jalan Prapen. Pelaku merampas HP korban perempuan, terus korban menarik pelaku. Dan akhirnya jatuh," ujarnya, Rabu 3 Juli 2024.

Seorang pelaku AV, lanjut Aris, diamankan di lokasi kejadian. Kebetulan saat itu anggota sedang patroli. Kemudian seorang pelaku lain diamankan warga di Sidosermo.

"Keduanya sudah ditetapkan tersangka dan ditahan," tandasnya. (*)

Sumber: