Kejuaran Bulutangkis Kapolda Cup 2024 Jadi Sarana Mencari Atlet Nasional maupun Internasional

Kejuaran Bulutangkis Kapolda Cup 2024 Jadi Sarana Mencari Atlet Nasional maupun Internasional

Peserta Kejuaran Bulutangkis Piala Kapolda Cup 2024 yang memperebutkan total hadiah Rp 250 juga.--

SURABAYA,MEMORANDUM - Sebagai rangkaian HUT Bhayangkara ke-78 digelar Kejuaraan Bulutangkis Piala Kapolda Cup 2024. Kejuaraan yang diikuti sekitar 1.950 an peserta baik dari dalam maupun luar negeri ini diharapkan bisa menciptakan atlet nasional bahkan internasional.

Event yang memperebutkan hadiah total Rp 250 juta itu digelar di empat lokasi, yaitu GOR Sudirman, GOR MERR, GOR Suryanaga hingga lapangan  Bulutangkis Polda Jatim.

Menurut Kasubdit I Indagsi AKBP Oki Ahadian yang mewakili Kapolda Jatim mengatakan bahwa ada perbedaan dalam kejuaraan badminton tahun ini dengan tahun lalu. Yakni terakait jumlah peserta dan lokasi diselenggarakan kejuran ini. 

"Perbedaan antara tahun lalu dan tahun ini cukup signifikan. Terkait jumlah peserta dan lapangan yang digunakan. Tahun lalu ada 2 venue yakni di Lapangan Polda Jatim dan GOR Sudirman. Kalau sekarang mencapai 4 venue dan jumlah peserta 1950an peserta," kata AKBP Oki usai membuka Kejuaraan Batminton Piala Kapolda Jatim 2024, Senin 1 Juni 2024 di GOR Sudirman. 

BACA JUGA:Ketum PBSI Jatim Tonny Wahyudi: Kejuaraan Bulutangkis Kapolda Cup 2024 Pecahkan Rekor MURI

Digelarnya Kejuaraan ini pastinya ada target yang ingin dicapai. Yang pasti ialah mencari atlet berbakat sekaligus membina atlet yang ada di Jatim khusunya. 

"Yang pasti mencari bibit atlet sehingga mereka selalu bersemangatlah, selalu meningkatkan kemampuan bermain. Kita mencoba mencari bibit-bibit nasional bahkan internasional kedepannya," ujarnya. 

"Harapan kami bahwa event ini akan berkelanjutan sehingga menjadi sarana bagi atlet agar mereka bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi," tambahnya. 

Sementara itu Waketum PBSI Jatim Putu Rangga Jayaprana mengungkapkannya bahwa jumlah peserta yang mengikuti Kejuaraan Bulutangkis Piala Kapolda Jatim 2024 mendapatkan rekor sebagai jumlah peserta terbanyak di seluruh kejuaraan bulutangkis Indonesia. 

"Kami bangga itu terjadi di Surabaya," kata Putu Rangga. 

BACA JUGA:Kapolda Cup 2023, Sistem Poin Khusus Jatim Bikin Pembinaan Kian Bergairah

Dalam kejuaraan ini tidak hanya diikuti peserta dari dalam negeri saja. Bahkan peserta dari luar negeri ikut meramaikan event yang memperebutkan ranking poin nasional. 

"Peserta tidak saja dari dalam negeri namun juga dari luar negeri juga ikut berpartisipasi. Jadi ada perwakilan dari Singapura dan ada dari Malaysia yang kebetulan datang di kejuaraan ini. Ada sekitar 20-30 peserta dari luar negeri," tuturnya. 

Di lain kesempatan, Kapolda Jatim Irjenpol Imam Sugianto usai tasyakuran HUT Bhayangkara ke-78 mengatakan, setiap tahun akan diadakan Turnamen bulutangkis Kapolda Cup yang mana akan menjadi agenda rutin tahunan 

Sumber: