Kantor Pertanahan ATR/ BPN Tulungagung Dukung Kemudahan Pengurusan Sertifikat Tanah Wakaf

Kantor Pertanahan ATR/ BPN Tulungagung Dukung Kemudahan Pengurusan Sertifikat Tanah Wakaf

Menteri AYH menyerahkan sertipikat tanah wakaf.-Biro Tulungagung-

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Kepala Kantor Pertanahan ATR/ BPN Tulungagung, Ferri Saragih terus mendukung program pemerintah pusat, termasuk permohonan sertifikat untuk tanah wakaf.

Sama seperti yang dilakukan Kementerian ATR/BPN, proses pensertifikatan tanah wakaf di Kantor Pertanahan Tulungagung juga cepat sesuai prosedur yang ada. Sehingga, masyarakat tidak perlu khawatir dan takut saat mendaftarkan proses pensertifikatan tanah wakaf di lingkungannya.

"Monggo, silakan masyarakat bisa mendapatkan informasi untuk proses pendaftarannya. Kita buka layanan informasi di kantor maupun melalui media sosial," terangnya, Senin 24 Juni 2024.

Sebelumnya, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan tiga sertifikat tanah wakaf milik Yayasan Babul Jannatul Firdaus di Masjid Araafiul A'laa, Kota Pontianak.

BACA JUGA:Peralihan Sertipikat Elektronik oleh ATR/BPN Disambut Baik Masyarakat

"Semangatnya adalah kita urus dengan cepat dan tanpa kita pungut biaya. Karena tanah wakaf memang sangat dinantikan legalitasnya," katanya.

Sebelumnya, karena ketidaktahuan adanya risiko munculnya konflik di kemudian hari, tanah masjid ini disertifikatkan atas nama Ketua Yayasan terdahulu.

Atas kolaborasi antara yayasan, Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Pontianak, Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Kalimantan Barat, serta Kantor Urusan Agama Kecamatan Pontianak Timur, akhirnya sertipikat Masjid Araafiul A'laa menjadi sertifikat tanah wakaf. Sertipikat yang diserahkan pun kini telah berbentuk elektronik, sehingga lebih aman.

"Saya sampaikan dan mudah-mudahan ini (sertifikasi tanah wakaf, red) disampaikan kepada warga masyarakat Pontianak dan Kalimantan Barat lainnya, sehingga yang masih mengurus sertifikat wakaf bisa disegerakan," pungkas Menteri ATR/Kepala BPN. (fir/fai)

Sumber: