Pj Wali Kota Batu Minta Terus Kembangkan Sport Tourism Bersama Urban Downhill 2024

Pj Wali Kota Batu Minta Terus Kembangkan Sport Tourism Bersama Urban Downhill 2024

Pj Wali Kota Batu buka pelaksanaan event Urban Downhill 2024.--

BATU, MEMORANDUM  - Kota Batu kembali dipilih menjadi venue Urban Downhill 2024 - Jatim Downhill Heat 3, di Kampung Wisata Kungkuk, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Dengan ditandai berkibarnya bendera Oleg Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai bukti start event Minggu, 23 Juni 2024.

Event Urban Downhill berbeda dengan event lainnya karena berlangsung ditengah permukiman padat penduduk, dengan kontur yang menurun tajam. Untuk bisa sampai ke garis finish, pembalap harus melewati rumah warga, gang sempit, turunan tangga, hingga dapur rumah warga. 

Didampingi Sekda dan Kepala Dinas Pariwisata, PJ Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, mengatakan komitmennya untuk terus menggelar event sport tourism.

"Apapun itu bentuknya, Kota Batu harus jadi inisiasinya. Tanpa ada event seperti ini, saya rasa agak sulit jika ingin mengangkat perekonomian masyarakat Kota Batu. Jadi kalau ada pariwisatanya, ada juga ekonominya. Ada sportnya, ada juga ekonominya. Sehingga semua berjalan beriringan," Tegas Pj Aries. 

BACA JUGA:Tour de Panderman 2024 Polda Jatim Raih Rekor MURI, Ingin Jadikan Event Tahunan

Ia akan terus apresiasi terselenggaranya event balap sepeda downhill tersebut. Hal ini disebabkan imbas atau dampak dari kegiatan urban downhill bisa meningkatkan perekonomian dan pariwisata di Kota Wisata Batu.

"Event seperti ini harus terus dikembangkan di Kota Batu. Karena Kota Batu Kota pariwisata. Event olahraga akan terus kami kembangkan terutama yang ada kaitannya dengan pariwisata," Kata Pj. Aries. 

Kedepan Pj. Aries berharap bahwa event sport tourism di Kota Batu bisa rutin diselenggarakan, dan tentunya dengan menghadirkan peserta internasional.

"Ke depan ditingkatkan lagi ke taraf internasional. Tentunya juga akan diikuti naiknya kelas. Sehingga peserta tidak hanya nasional saja, tapi juga internasional. Dengan harapan bisa lancarkan dan tingkatkan pekonomi masyarakat ,"  pungkas Pj. Aries.

BACA JUGA:Mendorong Investasi dan Pengembangan Wisata, Pj Wali Kota Batu Buka Event Batu Bisnis Festival 2024

Kota Batu kembali dipilih menjadi venue Urban Downhill 2024 - Jatim Downhill Heat 3, di Kampung Wisata Kungkuk, Desa Punten, Bumiaji.

Sementara, Selaku Ketua Panitia Event Arghentia Bawengan menyatakan, Urban Downhill 2024 - Jatim Downhill Heat 3 digelar pada 22-23 Juni 2024 dengan persiapan yang panjang. Dengan trek yang telah dibuat sepanjang lebih dari 800 meter. 

"Trek yang dibuat mencakup rumah-rumah warga. Karena itu, kami sangat berterimakasih kepada warga, yang ikut andil mensukseskan event ini," Ujarnya. 

Menurut dia, Urban Downhill 2024 - Jatim Downhill Heat 3, diikuti sebanyak 105 peserta dari berbagai daerah. 

Sumber: