Berat 1 Ton, Sapi Kurban Presiden Jokowi yang Disembelih di MAS Berasal dari Lamongan

Berat 1 Ton, Sapi Kurban Presiden Jokowi yang Disembelih di MAS Berasal dari Lamongan

Sapi dari Presiden Jokowi yang disembelih di MAS.-Istimewa MAS.-

SURABAYA, MEMORANDUM- Sapi kurban Presiden Joko Widodo menjadi primadona pengunjung Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS). Jemaah di sekitar masjid dan warga dari luar kota ingin melihat dari dekat sapi yang akan dipotong di Hari Raya Iduladha 1445 H. 

Humas MAS H Helmy M Noor di Surabaya mengatakan, sapi kurban dari presiden Jokowi berjenis PO atau Peranakan Ongole seberat 1.010 kilogram atau 1 Ton lebih. 

“Tingginya 156 centimeter, dan umurnya 5 tahun, berasal dari Lamongan dengan peternak H Teguh dari Desa Takerhardjo, Kecamatan Solokuro, Lamongan,” ungkap Helmy, Minggu 16 Juni 2024.

BACA JUGA:Bantuan Permakanan di Lamongan Tak Layak

Selain presiden Jokowi, MAS juga menerima sapi kurban dari Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono, Pj Sekdaprov Jatim Bobby Soemiarsono, dan mantan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, serta Forkopimda dan Jemaah.

Untuk sapi kurban dari Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono adalah Sapi PO dengan berat 950 kg, umur 5 tahun, dan tinggi 151 cm dengan peternak Subandi dari Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Magetan.

Untuk sapi kurban dari Pj Sekdaprov Jatim Bobby Soemiarsono adalah sapi PO yang beratnya 850 kilogram dan tingginya 146 cm dengan peternak Teguh yang alamatnya sama dengan peternak dari sapi presiden Jokowi.

BACA JUGA:Iduladha 1445 H, SIG Pabrik Tuban Salurkan 38 Hewan Kurban

Sementara itu, Sapi kurban mantan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa merupakan sapi hitam dari jenis persilangan Limosin vs Angus yang beratnya 1.150 kg, dan tingginya 1,6m dari peternak   Jamil Achmadi asal desa Katol Timur Kecamatan Kokop Bangkalan.

"Kami juga menerima sapi kurban dari Kapolda, Pangdam,  Pangkoarmada dan Pejabat  Forkopimda lainnya," katanya.

Untuk penyembelihan sapi-sapi itu akan dilaksanakan H + 1 atau Selasa (18 Juni 2024), sedangkan salah Iduladha 1445 H di Masjid Al Akbar pada Senin 17 Juni 2024. Salat dimulai pukul 06.00 WIB dengan imam KH Abdul Hamid Abdullah, SH, M.Si (Imam Besar MAS) dan khotib Drs H Mufi Imron Rosyadi, M.E.I (Plt Kakanwil Kemenag Jatim).

"Distribusi daging kurban dilaksanakan melalui Kelurahan Pagesangan dan Menanggal merujuk data Gakin yang diverifikasi oleh RT/RW setempat. Tidak ada pembagian kupon," katanya.

Untuk salat Iduladha Badan Pelaksana Pengelola (BPP) Masjid Al Akbar akan menyiapkan area di lantai 1, 2 dan halaman masjid dengan kapasitas 40 ribu jemaah.

BACA JUGA:Iduladha 2024, PDI-P Jatim Distribusikan 376 Ekor Sapi

Sumber: