Polres Jember Gelar Jum'at Curhat: Tingkatkan Kesadaran Keselamatan Berlalulintas

Polres Jember Gelar Jum'at Curhat: Tingkatkan Kesadaran Keselamatan Berlalulintas

Kapolres Jember AKBP Bayu Pratama Gubunagi dan Jajaran duduk bareng IMI Jember-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Polres Jember menggelar acara "Jum'at Curhat" di Tanaloka Kafe, Jalan Kalimantan, Jember, pada hari Jumat 14 Juni 2024. Acara ini dihadiri oleh Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Solikhin, serta perwakilan komunitas motor dan mekanik Kabupaten Jember.

Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas dan menekan angka kecelakaan di Jember.

Acara ini dihadiri oleh Kapolres Jember AKBP Bayu Pratama Gubunagi, Wakapolres Kompol Jimmy Heryanto H. Manurung, Kadishub Agus Wijaya, Kasat Lantas AKP Ach. Fahmi, Kadispora Dr. H. Edy Susilo, Ketua KONI Sutikno, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Solikhin, serta perwakilan komunitas motor dan mekanik Kabupaten Jember.

Dalam sambutannya, Kapolres Jember AKBP Bayu Pratama Gubunagi prihatin dengan tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Jember, yang saat ini menempati peringkat pertama di Jawa Timur.

BACA JUGA:Polres Jember Bedah Rumah Sambut Hari Bhayangkara Ke-78

"Tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Jember merupakan masalah serius yang perlu mendapat perhatian lebih. Kami akan meningkatkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai aturan dan keselamatan berlalu lintas," tegas AKBP Bayu Pratama Gubunagi.

Kapolres juga mengungkapkan rencana program-program pelatihan dan kampanye keselamatan berlalu lintas yang akan digelar secara rutin.

"Kami mendorong pemilik kendaraan untuk mematuhi standar keselamatan. Keselamatan di jalan raya adalah tanggung jawab bersama," tambahnya.

Kadishub Jember, Agus Wijaya, menegaskan bahwa Dinas Perhubungan juga memiliki tanggung jawab besar terkait keselamatan berlalu lintas di jalan raya.

BACA JUGA:Aktif Awasi Pendistribusian Pupuk Bersubsidi, Wakapolres Jember Diganjar Piagam Penghargaan

"Kami akan bekerja sama dengan Polres Jember untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas. Sinergi ini penting untuk menekan angka kecelakaan," ujarnya.

Ketua Harian IMI Jember, Solikhin, berharap IMI bersama Satlantas dan Pemkab Jember dapat bekerjasama dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah kabupaten.

"Kerja sama ini diharapkan dapat menghasilkan langkah-langkah konkret untuk meningkatkan keselamatan berkendara," ungkap Solikhin.

Acara ini juga menjadi ajang diskusi yang interaktif. Salah seorang peserta, Ali dari komunitas motor, menanyakan cara mengatasi rem blong pada kendaraan. Pertanyaan ini mendapat perhatian serius dari Kapolres, Wakapolres, Kasat Lantas, dan Kadishub yang secara bergantian memberikan solusi praktis.

Sumber: