Personel Polres Pasuruan Belajar Ikhlas dan Taat

Personel Polres Pasuruan Belajar Ikhlas dan Taat

KH Syamsul Maarif menyampaikan tausiyahnya di depan para personel Polres Pasuruan didampingi Kapolres AKBP Teddy Chandra.-Biro Pasuruan-

PASURUAN, MEMORANDUM - Upaya meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT terus dilakukan personel Polres Pasuruan. Selain melalui pembinaan rohani dan mental (binrohtal), para personel juga diajak mengikuti pengajian. Materi pengajiannya pun lebih berbobot. Yakni mengambil tema: Ikhlas dan Taat.

BACA JUGA:KONI Jatim Hitung Ulang Potensi Medali di PON Aceh-Sumut

Kapolres Pasuruan AKBP Teddy Chandra mengundang pembicara dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pasuruan. Tokoh agama atau dai yang memberikan tausiyah kajian agama adalah KH Syamsul Maarif, Sekertaris MUI wilayah Kabupaten Pasuruan.

BACA JUGA:Maniak Judi Online Rujak Bonanza Divonis 10 Bulan Penjara

Acara diawali dengan pembacaan Surat Yasin dan Tahlil. Kemudian pembacaan Asmaul Husna dan dilanjut dengan tausiyah dari KH Syamsul Ma'arif .

"Ikhlas dan taat itu tidak boleh ada unsur paksaan dari orang lain. Tetapi harus muncul dari hati kita masing masing,” ujar Kiai Syamsul mengawali tausiahnya di Masjid Rofiqul Ummah Polres Pasuruan, Kamis 13 Juni 2024.

Menurut Kiai Syamsul, selain itu sikap taat atau disiplin, juga harus selalu ada dalam diri kita untuk mendukung dan menguatkan rasa ikhlas yang ada dalam hati kita.

BACA JUGA:Gegara Kecanduan Gadget, Adik Tiri Jadi Korban Rudapaksa

“Kita mungkin masih belum menyadari bahwa jiwa taat itu substansinya adalah berisi sifat disiplin yang memberikan edukasi di dalam kegiatan rutinitas, khusunya dalam tugas anggota Polri. Sehingga mewujudkan konsep tepat waktu dalam menjalankan tugas sehari hari," ucap Kiai asal Gempol ini.

BACA JUGA:Cari Korban Longsor, Polisi Bersama Relawan Temukan 3 Tanaman Ganja

Kegiatan binrohtal ini diikuti hampir seluruh personel Polres Pasuruan. Kapolres AKBP Teddy Chandra mengatakan,  kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan ketakwaan dan ketetapan iman anggota Polres Pasuruan dalam menjalankan tugas di lapangan agar penuh dengan keihklasan.

“Anggota Polri setiap menjalankan tugas di lapangan, selalu didasari rasa ikhlas dalam hatinya. Hal itu merupakan bagian dari Ibadah. Selain meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, kegiatan pengajian rutin ini merupakan bentuk pembinaan mental dan rohani bagi personel Polres Pasuruan," tutur kapolres.

BACA JUGA:Mangkir Lapor Pajak Usaha, Pemilik Toko di Madiun Dijebloskan Penjara

Kiai Syamsul kemudian melanjutkan tausiahnya. "Selain Ta'at dan Disiplin, kita harus berjiwa dermawan yang artinya jangan kikir tetapi lebih baik gemar sedekah karena sedekah yang kita lakukan untuk orang yang membutuhkan maka Allah akan mengganti dengan sepuluh kebaikan dan Allah akan menambah Rizqi bagi kita yang sering bersedekah," cetusnya.

BACA JUGA:Gandeng KPK dan Saber Pungli, Kemenkumham Jatim Penguatan Pengendalian Gratifikasi dan Pemberantasan Pungli

Usai pengajian binrohtal, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak yatim dari Yayasan Jalaluddin dari Kelurahan Pogar, Kecamatan Bangil. Yayasan ini membina dua puluh anak yatim yang juga turut hadir dalam kegiatan tersebut. Pemberian santuan diserahkan langsung oleh Kapolres didampingi Sekretaris MUI dan PJU Polres Pasuruan.

Muhammad Khotib, salah satu pembina anak Yatim di Yayasan Jalaludin mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Pasuruan yang telah memberikan santunan kepada anak yatim binaannya.

BACA JUGA:Prihatin Marak Kasus Pelecehan Seks Terhadap Anak, Mahasiswa KKN UPN Veteran Jatim Berikan Edukasi Penanganan

"Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Kapolres yang sudah memberikan santunan kepada anak-anak yatim binaan kami. Saya doakan semoga situasi kamtibmas di wilayah Polres Pasuruan selalu tertib dan aman, serta anggota polisinya mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, Aamiin," ucap Muhammad Khotib. (*)

Sumber: