KSR PMI Unit UIN KHAS Jember Gelar Diklat Lanjutan, Fokuskan Materi Kebencanaan

KSR PMI Unit UIN KHAS Jember Gelar Diklat Lanjutan, Fokuskan Materi Kebencanaan

KSR PMI Unit UIN KHAS Jember, pelatihan teknis kebencanaan-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Korps Sukarelawan (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddik (KHAS) Jember menggelar Diklat Lanjutan Ke-9 sebagai kelanjutan dari Pendidikan dan Latihan Dasar (DIKLATSAR) yang telah dilaksanakan sebelumnya. Diklat ini diikuti oleh 21 anggota muda KSR PMI Unit UIN KHAS Jember.

“Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dan diikuti oleh 21 anggota muda KSR PMI Unit UIN KHAS Jember yang telah dinyatakan lulus dalam proses mengikuti DIKLAT DASAR KSR PMI 67 JPL,” ujar Clara, Manager Crew Diktan 9, Kamis 13 Juni 2024.

Diklat Lanjutan merupakan program wajib KSR PMI Unit UIN KHAS Jember yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Adapun fokus materi pada Diklat Lanjutan Ke-9 ini adalah pada materi-materi teknis kebencanaan, seperti: WASH (Water, Sanitation, and Hygiene), Logistik, SHELTER (Shelter, Emergency Housing, and Essential Services) Peta & Pemetaan Manajemen Posko.

“Tujuan utama Diklat Lanjutan ini adalah agar anggota KSR dapat menguasai materi kebencanaan dan menerapkannya pada saat bencana terjadi, sehingga memberikan manfaat kepada masyarakat secara langsung,” jelas Vika Maulida, Ketua KSR PMI Unit UIN KHAS Jember.

BACA JUGA:Mantapkan Skill dan Tanamkan Jiwa Sigap Tanggap, KSR PMI Unit UIN KHAS Jember Gelar Diklatsar Ke-10

Melalui Diklat Lanjutan ini, diharapkan para anggota KSR PMI Unit UIN KHAS Jember dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam penanggulangan bencana, sehingga mereka dapat menjadi relawan yang lebih profesional dan sigap dalam membantu masyarakat yang terkena dampak bencana. (edy)

Sumber: