Pemkab Lamongan Siap Dua Kali Lipat Stok Hewan Kurban

Pemkab Lamongan Siap Dua Kali Lipat Stok Hewan Kurban

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mendampingi Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono meninjau peternakan sapi milik Teguh, di Desa Takerharjo, Kecamatan Solokuro, Lamongan. -Biro Lamongan -

LAMONGAN, MEMORANDUM - Permintaan hewan kurban di Jatim dinyatakan meningkat menjelang Iduladha yang jatuh pada 10 Dzulhijjah 1445 Hijriyah atau 17 Juni mendatang.

BACA JUGA:Seru dan Haru, Bahira Dwi Safitri Juara Tahfidz Alquran Surabaya Haji Umrah Expo 2024 

Menghadapi hal tersebut, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyatakan pasokan hewan kurban di Lamongan aman.

"Kebutuhan hewan kurban tahun ini di Kabupaten Lamongan kami siapkan dua kali lipat.

BACA JUGA:Nasyid Murid MI Muhammadiyah 28 Surabaya Merasuk di Hati Penonton 

Hal itu dituturkan oleh Bupati Lamongan yang akrab disapa Pak Yes saat mendampingi Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono meninjau peternakan sapi milik Teguh, di Desa Takerharjo, Kecamatan Solokuro, Lamongan, pada Jumat 7 Juni 2024.

BACA JUGA:50 Peserta Lomba Tahfidz Alquran Warnai Hari Ketiga Surabaya Haji Umrah Expo 2024 

"Populasi di Kabupaten Lamongan saat ini, tercatat ada 96.632 ekor, kambing 94.635 ekor, domba 80.238 ekor. Dari jumlah populasi tersebut, disediakan 8.074 ekor sapi, 15.772 ekor kambing, 11 ribu ekor domba untuk kebutuhan kurban. Yang mana jumlah tersebut merupakan dua kali lipat dari kebutuhan tahun lalu,” ujarnya.

BACA JUGA:Surabaya Haji Umrah Expo 2024 Ramai Pengunjung dan Hiburan Menarik 

Selain itu, tidak hanya mempersiapkan stok saja, dijelaskan oleh Pak Yes bahwa Pemerintah Kabupaten Lamongan bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan juga memperhatikan kesehatan hewan. Terlebih juga memastikan semua hewan yang dikurban sudah mendapatkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK).

BACA JUGA:Pengurus DPW PPLIPI Jatim Multitalenta di Surabaya Haji Umrah Expo 2024 

"Pasti bersama Dinkeswan Lamongan kami terus memantau kesehatan hewan. Terlebih setelah adanya kasus PMK. Hewan yang didistribusikan untuk kurban kami pastikan sudah mendapatkan vaksin PMK (minimal satu kali). Sampai Mei 2024 capaian vaksinasi hewan di Lamongan sudah mencapai 89 persen atau 86.700," jelas orang nomor satu di Kota Soto tersebut.

BACA JUGA:Ramai Dikunjungi, Pameran Umrah-Haji di Royal Plaza Surabaya Memasuki Hari Kedua 

Sementara itu, Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono menyampaikan, kenaikan permintaan hewan kurban dari 359 ribu ekor menjadi 426 ribu ekor, dikarenakan rampungnya pandemi PMK, peningkatan indeks kesalehan masyarakat, hingga pertumbuhan ekonomi pada masyarakat.

BACA JUGA:Grup Samroh Banjari Al Hikmah Gresik Memukau Pengunjung Surabaya Haji Umrah Expo 2024 

"Permintaan di seluruh Jatim mencapai 22 persen. Peningkatan tersebut kita sambut positif. Untuk memenuhinya permintaan tersebut pemprov tentu koordinasi bersama pemerintah daerah. Selain menyiapkan stok, juga yang paling penting ialah pemenuhan regulasi undang undang kesehatan hewan kurban. Karena selain PMK juga ada penyakit LSD untuk sapi," beber Adhy Karyono.

BACA JUGA:Dapatkan Doorprize Menarik Surabaya Haji Umrah Expo di Royal Plaza 

Kendati demikian, sebagai daerah sentra penghasilan ternak, Adhy Karyono meminta kepada seluruh peternak di Lamongan untuk menjaga kesehatan hewan hingga penyembelihan nanti.

BACA JUGA:SKH Memorandum Gelar Surabaya Haji Umrah Expo, Edukasi Masyarakat Memilih Travel yang Kantongi Izin Resmi  

“Untuk menjaga kualitas kesehatan hewan, pekan depan dokter hewan dan jajarannya akan dikirim ke seluruh rumah pemotongan hewan (RPH) untuk melakukan pemeriksaan antemoetem (pemeriksaan sebelum disembelih)," lanjutnya.

BACA JUGA:Pentas Seni KB-TK Islam Terpadu Nada Ashobah Buka Pameran Surabaya Haji Umrah Expo 

Pada peternakan sapi milik Teguh ini terdapat sapi yang sudah dipesan Presiden Joko Widodo. Sapi dengan bobot mencapai hampir 1 ton itu berjenis Peranakan Ongole. Sapi milik Presiden Joko Widodo akan disembelih di Masjid Agung Surabaya.

BACA JUGA: Pentas Seni dan Fashion Show Busana Haji Ramaikan Pembukaan Surabaya Haji Umrah Expo 2024  

"Sapi yang dibeli Pak Presiden sudah saya besarkan sejak 2 tahun lalu. Nantinya akan dipotong di Surabaya dan akan kita antar H-1 Iduladha," kata Teguh.

BACA JUGA:Hadroh Majelis Taklim An-nisa' Siap Meriahkan Surabaya Haji Umrah Expo 2024  

Disampaikan Teguh, dari total 250 sapi miliknya, hampir semuanya sudah dibeli oleh masyarakat Lamongan hingga luar Lamongan. (*)

Sumber: