ATR/BPN Tulungagung Siap Luncurkan Sertifikat Elektronik

ATR/BPN Tulungagung Siap Luncurkan Sertifikat Elektronik

Menteri AYH bersama Annisa Pohan dan jajaran Kementerian ATR/ BPN di Kantah Bekasi.-Biro Tulungagung-

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Usai menggelar penanaman 100 ribu pohon secara serentak dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia kemarin, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) langsung menuju Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Bekasi.

Turut hadir mendampingi Menteri ATR/Kepala BPN, Pembina Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (IKAWATI) ATR/BPN, Annisa Pohan Yudhoyono; sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ATR/BPN; dan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Barat beserta jajaran.

Menteri AHY menuju ke lokasi itu untuk menyerahkan Sertipikat Tanah Elektronik kepada 10 penerima. Yakni 9 Sertipikat Hak Milik dan 1 Sertipikat Hak Pakai Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Kemudian, Menteri AHY meninjau fasilitas layanan yang ada di Kantah Kabupaten Bekasi seperti Loket, Lampion (Layanan Implementasi Online), serta ruang back office.

BACA JUGA:Kantah ATR/BPN Tulungagung Ikuti Penanaman 100 Ribu Pohon Serentak se-Indonesia

"Kesan saya di kantah ini kantornya modern dan pelayanannya lengkap. Saya bisa melihat secara langsung bagaimana profesionalisme dari pegawai BPN kita dan tentunya selalu berinovasi agar bisa semakin melayani masyarakat dengan baik," kata Menteri AHY.

Kantah Kabupaten Bekasi dapat melayani sedikitnya 600 permohonan dalam sehari, bahkan 20.000 layanan dalam satu bulan. Untuk mendukung pelayanan yang tinggi tersebut, maka dibutuhkan kapasitas dan integritas yang tinggi dari setiap jajaran. 

"Tentu saya ingin menghadirkan semangat budaya organisasi yang excellent, jadi keunggulan bekerja dimulai dari diri sendiri. Kita bangun kapasitas diri, profesionalismenya tapi juga integritasnya jangan sampai ada yang dikorbankan," ungkap Menteri AHY.

Oleh karena itu, pihaknya berharap Kanwil dan Kantah semakin meningkatkan kinerjanya, pelayanannya, semakin profesional, modern, dan menjadi tepercaya bagi masyarakat yang membutuhkan layanan pertanahan.

BACA JUGA:Kantah ATR/BPN Tulungagung Kejar Target 50 Ribu Bidang Dalam PTSL Tahun 2024

Terpisah, pada Kamis 6 Juni 2023, Kepala Kantor Pertanahan ATR/ BPN Tulungagung, Ferri Saragih mengatakan, pihaknya terus berupaya mendukung program yang ditetapkan oleh pimpinan.

Termasuk implementasi Sertipikat Elektronik yang saat ini dalam tahap persiapan, untuk diluncurkan di wilayah kerjanya.

Untuk tahap pertama, pihaknya menggandeng Pemkab Tulungagung dalam peluncuran sertipikat elektronik, dengan menyasar aset milik pemkab.

"Kita sudah koordinasikan dengan Pemkab Tulungagung, dalam waktu dekat nanti ada launching sertipikat elektronik," urainya.(fir/fai)

Sumber: