Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Gus Ipul Serukan Aksi Sedekah Bibit Pohon

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Gus Ipul Serukan Aksi Sedekah Bibit Pohon

Wali Kota Pasuruan Gus Ipul menanam pohon dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024.-Biro Pasuruan-

PASURUAN, MEMORANDUM - Pemerintah Kota Pasuruan menggelar upacara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 yang jatuh pada 5 Juni. Tema yang diusung kali ini: "Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan". Peringatan HLH dipusatkan di Taman Pekuncen pada Rabu 5 Juni 2024. 

Peringatan HLH dilakukan dengan upacara. Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai pembina upacara. Dalam sambutannya, Gus Ipul menyampaikan, momentum peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia menjadi pengingat sekaligus ajakan bahwa penyelesaian akar masalah krisis iklim harus diselesaikan dengan inovasi yang dilaksanakan oleh seluruh pemangku kepentingan. Yakni dengan mengedepankan prinsip keadilan dan inklusivitas. 

BACA JUGA:Grup Samroh Banjari Al Hikmah Gresik Memukau Pengunjung Surabaya Haji Umrah Expo 2024 

“Salah satu aksi penyelesaian krisis iklim adalah upaya pemulihan lahan yang melibatkan penggunaan teknologi berupa teknik pengelolaan air yang efisien dan penanaman varietas tanaman yang tahan kekeringan,” ujar Gus Ipul.

Berkaitan dengan hal tersebut, Gus Ipul menyebutkan yang harus menjadi perhatian yakni berkenaan dengan perlunya peningkatan kesadaran kolektif dan optimisme bersama dari seluruh pemangku kepentingan. 

“Kita harus mewujudkan gerakan kolaboratif dengan kerja bersama dalam pelaksanaan aksi-aksi lingkungan,” sambungnya.

BACA JUGA:Dapatkan Doorprize Menarik Surabaya Haji Umrah Expo di Royal Plaza 

Gus Ipul menerangkan, Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan yang kuat terkait pengendalian krisis iklim dan komitmen indonesia untuk berperan aktif dalam memerangi perubahan iklim global. 

“Komitmen indonesia untuk mengambil peran aktif dalam arena global tercermin dalam berbagai inisiatif, seperti peningkatan target penggunaan energi terbarukan, peningkatan efisiensi energi, pengurangan deforestasi serta partisipasi aktif dalam perjanjian-perjanjian internasional tentang perubahan iklim,” ucapnya.

Gus Ipul menyebutkan bahwa Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024 di Kota Pasuruan diaktualisasikan dalam kegiatan penanaman pohon yang merupakan bagian dari agenda peringatan yang dilaksanakan bersama oleh pemerintah dengan masyarakat Kota Pasuruan. 

BACA JUGA:SKH Memorandum Gelar Surabaya Haji Umrah Expo, Edukasi Masyarakat Memilih Travel yang Kantongi Izin Resmi  

“Semoga apa yang kita kerjakan pada pagi hari ini bermanfaat dan dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat kota Pasuruan,” pungkasnya

Ia mengajak seluruh warga untuk mengkampanyekan dan membiasakan diri untuk menanam pohon demi kelestarian dan keberlangsungan hidup bersama-sama. 

“Mari kita sebarkan aksi sedekah bibit. Bersama-sama berkomitmen membangun sinergitas untuk mewujudkan Kota Pasuruan menjadi Kota Madinah yang maju ekonominya, indah kotanya dan harmoni warganya,” pintanya.

BACA JUGA:Pentas Seni KB-TK Islam Terpadu Nada Ashobah Buka Pameran Surabaya Haji Umrah Expo 

Turut hadir dalam upacara tersebut, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Asisten Administrasi Umum Kota Pasuruan, kepala perangkat daerah terkait di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, serta tamu undangan lainnya. (*)

Sumber: