Hari Pancasila, Pj Wali Kota Aries Harap Makin Kuatkan Persatuan

Hari Pancasila, Pj Wali Kota Aries Harap Makin Kuatkan Persatuan

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai.--

BATU, MEMORANDUM - Momentum peringatan hari lahir Pancasila diharapan semakin kuat membumikan nilai-nilai Pancasila dan menjadi refleksi menguatkan persatuan kesatuan dalam berbagai sendi kehidupan.

Harapan itu tersampaikan dalam upacara peringatan hari lahir Pancasila yang digelar Pemkot Batu Batu, di Balaikota Among Tani Kota , Sabtu 01 Juni 2024.

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai dalam amanatnya membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI Yudian Wahyudi menyampaikan Hari Lahir Pancasila tahun ini bertema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’.

“Mengajak seluruh komponen bangsa untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” katanya.

BACA JUGA:Pemuda Pancasila Geruduk Koperasi Delta Pratama Kota Batu

BACA JUGA:Pemuda Pancasila Kota Batu Sampaikan Tuntutan Soal Pengelolaan Sampah

Menurutnya, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

Sebagai leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini.

Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

Perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

BACA JUGA:Peringati Hari Pancasila, Pemkot Batu Gelar Jalan Sehat dan Senam

BACA JUGA:Polres Malang Dukung Gelaran Pemilihan Duta Pancasila

Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pj Wali Kota Batu menekankan tentang pentingnya memperkuat persatuan, gotong royong, serta menjaga kedaulatan Republik Indonesia di tengah gempuran teknologi yang tak terbendung.

Sumber: