3 Channel YouTube Indonesia yang Memberikan Ilmu Gratis, Tidak Ada Alasan Lagi untuk Tidak Berilmu

3 Channel YouTube Indonesia yang Memberikan Ilmu  Gratis, Tidak Ada Alasan Lagi untuk Tidak Berilmu

Dedy Corbuzier memiliki pengaruh yang besar di dunia per Youtube an Indonesia.--

MEMORANDUM - Pada tahun 2024 ini, kita hidup di jaman yang segalanya bisa diakses lewat media sosial seperti Youtube. Pentingnya menyaring konten yang ingin kita tonton menjadi suatu hal yang harus diperhatikan. Dari sekian banyaknya konten kreator Youtube, setidaknya 3 channel ini akan memberikan ilmu mahal secara cuma-cuma pada kontennya.

1. Deddy Corbuzier

Bukan sesuatu yang baru lah ya bapak-bapak berotot satu ini. Dedy Corbuzier memiliki pengaruh yang besar di dunia per Youtube an Indonesia. Banyak beberapa channel podcast yang berada di bawah naungannya seperti PWK, Malaka Project, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:Kericuhan di Jembatan Suramadu, Suporter Persib Dilempari Batu dan Kembang Api

Ada beberapa jenis video di channel Deddy Corbuzier ini. Tapi jika kalian menelaah dengan baik, banyak videonya yang mengandung banyak ilmu yang mungkin tidak kalian dapatkan di sekolah maupun kampus. Banyak bintang tamu yang diundang memiliki intelektual tinggi, dan Om Ded sebagai host pun juga memiliki kemampuan mumpuni untuk mengimbangi bintang tamunya.

2. Malaka Project

Malaka Project adalah sebuah proyek ambisius yang diinisiasi oleh Fery Irwandi. Fery Irwandi memiliki channel Youtube sendiri dan juga memberi ilmu yang penting.

BACA JUGA:Dugaan Perundungan Siswa SMP Kota Batu, Polres Respons Cepat Keluarga Korban Minta Keadilan

Malaka Project memiliki tujuan untuk memudahkan akses pendidikan masyarakat agar cerdas, kritis, dan juga empatik. Dalam proyeknya, Fery Irwandi mengajak 8 individu lain yang juga memiliki kepedulian terhadap pendidikan di Indonesia. Video pada channel ini memiliki berbagai tema yang berbeda-beda seperti hukum, matematika, sejarah, peristiwa yang viral saat ini, ekonomi, dan lain-lain.

3. Satu Persen

Satu Persen adalah Channel Youtube yang memiliki concern di bidang psikologi. Satu Persen biasanya berisi konten tentang cara mengatasi berbagai masalah dalam kehidupan lewat internal diri sendiri.

Selain itu, Satu Persen juga menyediakan konseling dengan harga tertentu untuk kalian yang membutuhkan psikolog. Channel ini sangat diperlukan Gen Z yang sering mengalami mental illness dan bingung kehidupannya mau dibawa ke mana.

Sebenarnya masih banyak lagi Channel Youtube Indonesia yang mendidik tergantung kita yang memilih tontonan. Dengan banyaknya tontonan yang memberi ilmu secara mudah dan gratis, seharusnya sudah tidak ada alasan bagi kita untuk tidak cerdas. (Aril Pandu/mg 9)

Sumber: