GMNI Jember Apresiasi Kinerja Polsek Sumbersari

GMNI Jember Apresiasi Kinerja Polsek Sumbersari

Ketua DPC GMNI Jember Yudha di Mapolsek Sumbersari. -Biro Jember -

JEMBER, MEMORANDUM - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Jember memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Polsek Sumbersari Polres Jember atas kinerja mereka dalam menyelesaikan kasus penggelapan barang yang dikelola oleh organisasi tersebut.

Apresiasi ini disampaikan Ketua DPC GMNI Jember Yudha melalui pesan singkat WhatsApp (WA) kepada Kapolsek Sumbersari Kompol Sugeng Piyanto.

BACA JUGA:DPC PDI-P Usulkan Empat Nama Calon Ketua DPRD Ngawi 

Kasus ini bermula dari pengaduan yang dilakukan oleh dua orang perwakilan GMNI Jember pada Sabtu, 25 Mei 2024. Mereka melaporkan bahwa seorang warga Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, berinisial HP, telah melakukan penggelapan barang yang disewa dari "Rental Rehat Sejenak", yang berada di bawah naungan DPC GMNI Jember.

Barang-barang yang digelapkan meliputi satu unit televisi dan dua unit Play Station seri 3 dan 5, dengan total kerugian Rp 11,5 juta.

BACA JUGA:Dipecat Timnas Jerman, Hansi Flick Direkrut Barcelona 

Dalam laporannya, perwakilan GMNI Jember menyatakan bahwa HP telah menyewa barang-barang tersebut namun tidak mengembalikannya pada waktu yang telah disepakati. Setelah dilakukan penyelidikan Reskrim Polsek Sumbersari yang dipimpin Ipda Qori' Novendra, terungkap bahwa HP telah menggadaikan barang-barang tersebut sehari setelah menyewanya.

"Setelah menerima pengaduan tersebut, kami langsung melakukan penyelidikan dan berhasil menemukan barang-barang tersebut di dua tempat pegadaian. Berdasarkan pengakuan dari HP, barang-barang tersebut digadaikan segera setelah disewa dari rental," jelas Ipda Qori'.

BACA JUGA:Sengketa MK Selesai, KPU Kota Malang Tetapkan Hasil Pileg 

Menanggapi laporan ini, Unit Reskrim Polsek Sumbersari segera melakukan langkah-langkah penyelesaian melalui pendekatan restorative justice (RJ). Dalam proses ini, kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan masalah secara damai. HP setuju untuk mengembalikan barang-barang yang digadaikan dan membayar sisa uang sewa yang belum dibayarkan kepada pelapor.

"Proses penyelesaian perkara ini dilakukan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak. Kami memastikan bahwa barang-barang yang digadaikan kembali kepada pelapor dan HP bersedia membayar uang sisa sewa yang belum dibayarkan," lanjut Ipda Qori'.

BACA JUGA:Terangsang, Pria di Surabaya Pamer Kelamin ke Wanita 

Kapolsek Sumbersari Kompol Sugeng  Piyanto melalui Panit 3 Opsnal Unit Reskrim Ipda Qori' Novendra mengonfirmasi keberhasilan penyelesaian kasus ini dan menyatakan bahwa langkah-langkah yang diambil sesuai dengan prinsip-prinsip keadilan restorative justice, Ia juga menekankan pentingnya kolaborasi antara masyarakat dan kepolisian dalam menjaga ketertiban dan keamanan di wilayah Sumbersari.

Ketua DPC GMNI Jember Yudha, dalam pesannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Polsek Sumbersari atas kesigapan dan profesionalisme mereka dalam menangani kasus ini.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Polsek Sumbersari karena sudah membantu menyelesaikan pengawalan kasus penggelapan yang dialami organisasi GMNI Jember. Saya mewakili kawan-kawan GMNI Jember sekali lagi mengucapkan terima kasih pak kapolsek," ungkap Yudha.

BACA JUGA:Bupati Ngawi Tegaskan Tak Perlu Perda Larangan Jebakan Tikus Listrik

Apresiasi ini mencerminkan kepercayaan masyarakat terhadap kemampuan kepolisian dalam menyelesaikan kasus-kasus kriminal secara efektif dan adil. Polsek Sumbersari berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik dan menjaga keamanan serta ketertiban di wilayahnya, demi terciptanya lingkungan yang aman dan nyaman bagi seluruh warga. (*)

Sumber: