Inilah Penyebab Kuku Hitam dan Cara Mengatasinya

Inilah Penyebab Kuku Hitam dan Cara Mengatasinya

Cara mengobati garis hitam di kuku--

BACA JUGA:Stop! Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Merusak Kuku

Cara mengatasi kuku hitam

Tidak semua kuku hitam memerlukan pengobatan. Jika tidak disertai rasa nyeri dan warna kehitamannya tidak melebihi setengah dari kuku, kondisi ini umumnya tidak membahayakan dan dapat menghilang dengan sendirinya dalam beberapa waktu.

Namun, bila kuku hitam disertai dengan gejala yang mengarah ke salah satu kondisi di atas, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Dokter akan memberikan pengobatan sesuai penyebab dan tingkat keparahannya

Untuk meringankan rasa tidak nyaman pada kuku, Anda juga bisa menerapkan langkah perawatan berikut ini:

  • Kompres kuku dengan air dingin untuk mengurangi pembengkakan dan meredakan rasa sakit.
  • Posisikan kaki lebih tinggi dari dada saat istirahat atau tidur guna mengurangi pembengkakan dan memperbaiki aliran darah ke area kuku kaki yang terkena.
  • Istirahatkan kaki dengan cukup guna mempercepat proses penyembuhan.
  • Selain konsumsi obat-obatan dan perawatan di atas, dokter juga mungkin akan melakukan prosedur pembuatan lubang pada kuku agar darah yang terperangkap di dalamnya dapat keluar. Prosedur ini menggunakan alat tajam khusus untuk menusuk kuku.

Itulah penyebab kuku kaki hitam dan penanganannya. Jika perubahan warna di kuku kaki sudah menyebar sampai ke kulit di sekitar kuku dan terdapat benjolan di bawah kuku, sebaiknya jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter.

Sumber: