6 Cara Maksimalkan Manfaat Jalan Kaki Untukmu yang Kurang Berolahraga

6 Cara Maksimalkan Manfaat Jalan Kaki Untukmu yang Kurang Berolahraga

-freepik-

MEMORANDUM - Jika Anda terlalu sibuk dan kurang berolahraga, waktunya untuk memaksimalkan manfaat jalan kaki yang dapat dilakukan kapanpun dan di manapun. Tidak hanya akan menyehatkan tubuh, memaksimalkan efek berjalan kaki juga sama halnya seperti sudah melakukan olahraga.

 

Berikut beberapa cara untuk memaksimalkan manfaat jalan kaki yang dapat Anda tiru.

BACA JUGA:Kaki Kram Saat Tidur? Hilangkan Rasa Sakit dan Tidur Nyenyak dengan Cara Ini!

1. Pastikan Anda berjalan dengan kecepatan yang lebih cepat daripada biasanya. "Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jalan kaki, Anda harus mampu menempuh jarak 4,8 kilometer dalam waktu 45 menit, sebuah kecepatan yang cukup cepat,” kata Dr. Andrew Weil dalam Lambton Chiropractic Centre.

2. Perhatikan postur tubuh Anda saat berjalan kaki. Pastikan Anda berjalan dengan pandangan ke depan, tidak condong ke depan. Leher, bahu, dan punggung dalam keadaan rileks, serta lengan bisa terayun bebas di samping tubuh. Setiap langkah kaki, pompa lengan dan kencangkan sedikit otot perut Anda.

BACA JUGA:Kapalan Kaki, Bye-bye! 5 Tips Perawatan Kaki Sederhana

Pertahankan juga langkah kaki yang lebar agar manfaat jalan kaki bisa didapat maksimal.

3. Lakukan peregangan sebelum dan sesudah jalan kaki. Sebelum berjalan kaki lama dengan jarak tempuh yang jauh, maka disarankan untuk selalu melakukan peregangan otot supaya tak cedera atau kram. Better Health menyarankan untuk melakukan peregangan otot kaki, terutama betis, paha depan, dan paha belakang, setidaknya selama 20 detik.

4. Pilih alas kaki yang bikin nyaman. Jalan kaki merupakan bentuk olahraga yang murah, efektif, dan bisa dilakukan di tengah-tengah kesibukan. Tapi, supaya memaksimalkan manfaat jalan kaki, maka Anda harus memilih jenis sepatu yang pas dan bikin nyaman.

Pastikan sepatu yang digunakan memiliki penyangga tumit dan lengkungan yang sesuai dengan bentuk kaki.

5. Berjalan sebanyak yang Anda bisa. Dari sebuah studi yang dilakukan University of Warwick, ditemukan bahwa orang yang melakukan aktivitas gerak paling sedikit cenderung memiliki faktor risiko paling besar terhadap penyakit jantung. Disarankan untuk melakukan minimal 15.000 langkah per hari atau menyesuaikan dengan berat tubuhmu, melansir dari Consumer Reports.

6. Berjalan di tingkat kemiringan. Salah satu cara maksimalkan manfaat jalan kaki ialah dengan berjalan di tengah kemiringan, seperti saat mendaki bukit, gunung, atau naik turun tangga. Berbeda saat jalan kaki di tanah datar dengan tanah yang miring. Manfaat maksimal akan diperoleh karena berjalan di tanah miring dapat meningkatkan detak jantung lebih banyak. (*)

Sumber: