PWI Pusat Gelar Pra-UKW Via Daring

PWI Pusat Gelar Pra-UKW Via Daring

Peserta Pra UKW mengikuti seminar dari PWI Pusat Djunaedi Tjunti Agus yang memberikan materi tentang penulisan jenis berita features. --

Penulis: Oskario dari SKH Memorandum (madya)

 

SURABAYA, MEMORANDUM - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat menggelar seminar Pra Uji Kompetensi Wartawan (Pra UKW) melalui daring via Zoom, Sabtu (25/5). Pembelajaran tatap muka tanpa tatap muka itu diikuti wartawan dari seluruh Indonesia. 

Dalam sesion III, pemateri dari PWI Pusat Djunaedi Tjunti Agus memberikan materi tentang cara menulis berita straight news, Indepth, features, dan tajuk kepada wartawan Muda, Madya, Utama.

Djunaedi menjelaskan, berita straight news adalah berita peristiwa yang terbaru dan teraktual. Sedangkan berita indepth merupakan berita yang memfokuskan pada peristiwa atau akta atau pendapat yang memiliki nilai berita lebih mendalam. Biasanya ditulis dalam bentuk tulisan Features.

"Setelah wartawan menulis berita straight news, bisa menulis lagi lebih mendalam dengan tulisan berita Indepth. Yakni dengan menggabungkan berita terbaru lebih detail, terperinci berdasarkan data pengamatan di lapangan," ungkap Djunaedi. 

 

Dari dua jenis penulisan tersebut, masih kata Djunaedi, bisa dibuat tajuk. Tajuk rencana atau editorial adalah sebuah artikel pokok atau rubrik dalam surat kabar yang berisi pandangan redaksi terhadap kejadian yang sedang hangat dibicarakan oleh publik.

"Tajuk bisa dijadikan satu rangkaian dalam berita straight news yang kita buat. Tajuk bisa ditulis berdasarkan tulisan dari peristiwa dan pengamatan di lapangan dan diakhir diberikan kesimpulan penulis (opini)," jelas Djunaedi.

Djunaedi mengungkapkan, ada 10 jenis penulisan berita features, yakni feature berbentuk tulisan pendek yang kaya akan unsur human interest, Umumnya ditulis dengan gaya anekdot dengan klimaks pada bagian akhirnya. Disebut tulisan pendek karena biasanya memuat 100 hingga 250 kata.

Kemudian profile seseorang, mulai dari hobi, karir, pengalaman. Jikalau mengangkat tema ini, dimulai dengan mengangkat diri kita sendiri karena lebih mudah dijelaskan dan digambarkan secara lebih mendalam.

Feature pengalaman pribadi Adalah feature yang isinya berupa pengalaman pribadi penulis, atau mengangkat kisah pengalaman orang lain. Pengalaman yang diceritakan dalam jenis feature ini sifatnya unik dan sungguh luar biasa. 

 

Feature sejarah Jenis feature ini berisikan peristiwa sejarah yang barangkali sudah dilupakan pembaca. Tulisan ini hanya memuat pengungkapan kembali catatan sejarah, tanpa interpretasi serta pendapat penulisnya.

Sumber: