Jelang Idul Adha 1445, Ketersediaan dan Kesehatan Hewan di Lamongan Aman

Jelang Idul Adha 1445, Ketersediaan dan Kesehatan Hewan di Lamongan Aman

Menjelang Idul Adha 1445 Hijriah, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan menyatakan ketersediaan hewan kurban di Lamongan aman--

LAMONGAN, MEMORANDUM -Menjelang Idul Adha 1445 Hijriah, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan menyatakan ketersediaan Hewan kurban di Lamongan aman. Tidak hanya ketersediaan, kesehatan Hewan kurban juga dinyatakan aman.

“Ketersediaan hewan kurban tahun ini dinyatakan aman. Yangmana perhitungannya ialah mengacu pada kebutuhan kurban pada tahun lalu yakni 2023,” tutur Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan Shofiah Nurhayati, di Kantor Dinkeswan Lamongan. Senin 13 Mei 2024.

BACA JUGA:Idul Adha 1443 H, Bupati Lamongan Kurbankan 8 Ekor Sapi

Tercatat pada tahun 2024 populasi sapi di Kabupaten Lamongan ada 96.632 ekor. Dari jumlah tersebut, terdapat sapi yang siap untuk dipotong (dewasa, jantan, memenuhi kriteria kesehatan) sebanyak 8.074 ekor, dengan cadangan 3.234 ekor. Begitupun pada populasi kambing ada 94.635 ekor, sedangkan jumlah kambing yang siap dipotong ada 15.772 ekor dengan 1.276 ekor cadangan. Sedangkan populasi domba di Lamongan ada 70.238 ekor, dari jumlah tersebut terdapat 11 ribu ekor yang siap dipotong.

“Karena ketersediaan kita mengacu pada jumlah kebutuhan tahun lalu, maka jumlah ketersediaan kita berikan cadangan. Seperti kebutuhan kambing tahun lalu ada 14.490 ekor, tahun ini kita sediakan 15.772 ekor. Adapun cadangannya sejumlah 1.278 ekor, yangmana cadangan tersebut akan didistribusikan ke daerah lain seperti Gresik, Surabaya, dan Sidoarjo,” jelas Shofi.

BACA JUGA:Forkopimda Sholat Idul Adha di MAL, Bupati Lamongan Kurban 15 Ekor Sapi

Untuk menjamin kualitas kesehatan hewan kurban, tim lapangan dari Dinas Kesehatan Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan sudah melakukan tindakan vaksinasi sejak Januari 2024 lalu. Hingga bulan Mei 2024, capaian vaksinasi pada ternak di Lamongan sudah mencapai 89 persen atau 86.700.

“Tim lapangan sudah bergerak sejak Januari lalu untuk memberikan vaksin pada ternak di Lamongan. Diharapkan dengan tindakan tersebut dapat meminimalisir terjadinya penyakit pada ternak jelang Idul Adha dan kerugian peternak,” kata Shofi.

Shofi menambahkan, selain pemberian vaksinasi, upaya menjamin kualitas kesehatan hewan kurban di Lamongan juga diwujudkan melalui pemberian disinfektan  di dua pasar hewan yang ada di Lamongan. Dalam pelaksanaan upaya ini bekerjasama dengan pusat kesehatan hewan.

“Puskeswan ini bertugas untuk membantu peternak yang ada di pasar hewan untuk melakukan penyemprotan disinfektan hingga pengaduan kondisi ternak,” tambahnya.

BACA JUGA:Menjelang Idul Adha, Gubernur Jatim Tinjau Hewan Ternak Lamongan

Untuk memudahkan pembeli hewan kurban, Dinkeswan Kabupaten Lamongan telah menyediakan aplikasi Si Sapi. Melalui aplikasi ini, calon pembeli dapat memilih hewan kurban dan langsung terhubung dengan seluruh peternak yang ada di Kabupaten Lamongan. Tentu hewan kurban yang tersedia di Si Sapi sudah memenuhi standar kesehatan yang ditetapkan, (*)

Sumber: