Dampak Positif dan Negatif Media Sosial terhadap Gaya Hidup

Selasa 09-04-2024,08:38 WIB
Reporter : Shofiana Anggita Sari
Editor : Agus Supriyadi

Dampak Negatif:


1. Cyberbullying
Resiko terhadap cyberbullying dan komentar negatif tentang penampilan atau gaya hidup sesorang dapat mempengaruhi kesehatan mental dan emosional.

2. Ketergantungan
Menghabiskan terlalu banyak waktu di media sosial dapat menganggu pola tidur dan pola makan, serta mengurangi waktu yang bisa digunakan aktifitas berguna lainnya dan interaksi sosial secara langsung.

3. Body Image Issues
Adanya foto atau vidio yang diidealkan di media sosial dapat menjadi tekanan bagi individu untuk mencapai standar kecantikan yang tidak realistis yang menyebabkan masalah dengan citra tubuh dan kepercayaan diri atau insecure.

4. Perbandingan Sosial
Sering kali kita membandingkan diri kita sendiri dengan melihat postingan orang lain dimedia sosial tentang gaya hidup sehat, hal itu menyebabkab kurangnya kepercayaan diri dan ketidak puasan diri sendiri.

5. Lunturnya Budaya
Setiap pengguna media sosial bisa mengakses apa saja dan mecari tau apa saja lewat media sosial termasuk budaya-budaya diluar sana. Sering kali budaya sendiri terlupakan oleh budaya luar yang diterima dari media sosial. Misalnya seperti cara berpakaian dan bahasa asing.

Penggunaan media sosial dalam kehidupan bukan hanya sabagai sarana hiburan saja,namun isi dan informasi yang disajikan mempunyai peran yang signifikan dalam proses sosial.

Penggunaan media dapat mempengaruhi gaya hidup dapat memberikan pengaruh positif maupun negatif. Tergantung pada seseorang dalam menyikapinya. (mg14)

Kategori :