5 Tips Hidup Hemat Ala Anak Kos, Anti Kantong Kering!

Minggu 07-04-2024,07:37 WIB
Reporter : Anggraeni Ardhiana Bhakti
Editor : Agus Supriyadi

MEMORANDUM -  Saat lulus SMA atau SMK pasti bingung nih ya mau masuk universitas mana atau lebih memilih untuk bekerja? Apakah harus milih merantau untuk melanjutkan pendidikan atau karir?.

Nah, Jika sobat muda ingin melanjutkan kehidupan dengan merantau, sobat muda harus mempertimbangkan banyak hal nih,  mulai dari transportasi perjalanan, biaya hidup dan kebutuhan lainnya.

Saat pertama kali menjadi anak rantau tentunya tidak gampang loh sobat muda, karena banyak hal baru yang sobat muda rasain, yang dimana sobat muda dituntut untuk mandiri dalam hal apapun termasuk dalam mengatur hal keuangan.

Selain itu sobat muda juga dituntut untuk hidup hemat nih, agar kebutuhan yang lainnya juga terpenuhi.

Jadi ada enak dan gaenaknya ya sobat muda menjadi anak rantau. Sehingga sangat penting dalam memahami pengelolaan keuangan ala anak kos.

Hal ini akan berpengaruh loh sobat muda, karena keuangan kerap menjadi permasalahan, entah itu karena keterbatasan atau memang pengelolaannya yang kurang tepat.

Nah, berikut ada beberapa tips hidup hemat ala anak kos anti kantong kering, diantaranya :

1. List Anggaran Bulanan dan Catat Semua Masukan dan Pengeluaran

Sebagai anak kos sangat diwajibkan menerapkan tips yang satu ini nih, karena dapat mengetahui seberapa banyak pengeluaran sobat muda per bulan dan setiap harinya loh.

Dengan memiliki list anggaran dan selalu mencatat setiap pengeluaran, maka akan memudahkan sobat muda untuk mengetahui kemana perginya uang yang telah dikeluarkan.

BACA JUGA:5 Cara Mengatur Keuangan agar Lebih Hemat dan Terencana

2. Masak Sendiri

Siapa disini yang sukanya beli kalo makan? Biaya untuk makan tidaklah sedikit ya sobat muda, Sebaiknya untuk menghemat pengeluaran sobat muda bisa memasak sendiri.

Selain lebih murah daripada makanan jadi, menghemat biaya pengeluaran juga karena kalau masak sendiri porsinya bisa jadi lebih banyak.

3. Melakukan Riset Sebelum Membeli Sesuatu

Nah, tips hemat ala anak kos dalam membeli sesuatu seperti kebutuhan bulanan sebaiknya carilah supermarket yang harganya murah dan terjangkau. Jika ada kebutuhan yang tidak seberapa penting tetapi barang tersebut masih layak pakai sebaiknya tidak usah dibeli.

BACA JUGA:Razia Tempat Kos di Ngawi, 5 Pasangan Bukan Suami Istri Digaruk

4. Membedakan Kebutuhan dan Keinginan

Mengapa kebutuhan lebih penting daripada keinginan? Jadi begini sobat muda, mengapa demikian sebab kebutuhan adalah barang yang kita perlukan untuk beraktivitas sehari-harinya. Sementara keinginan hanya suatu hal untuk melengkapi hidup dan tidak menjadi masalah jika sobat muda belum memilikinya.

5. Mencari Lowongan Kerja Sampingan

Tidak ada salahnya jika sobat muda mencari kerja sampingan untuk tambahan uang saku. Namun, pastikan juga pekerjaan tersebut tidak mengganggu aktivitas kuliah atau kerja sobat muda. (mg16)

 

Kategori :