Ini Tips Membersihkan Hidung dengan Benar

Selasa 02-04-2024,11:59 WIB
Reporter : Ahmad Bagus
Editor : Eko Yudiono

MEMORANDUM - Hidung adalah organ penting yang membantu kita bernapas dan mencium. Menjaga kebersihan hidung sangatlah penting untuk kesehatan dan mencegah berbagai penyakit. Berikut beberapa tips untuk membersihkan hidung dengan benar:

1. Mencuci Tangan

Sebelum membersihkan hidung, cuci tangan Anda dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik. Hal ini penting untuk mencegah penyebaran kuman.

BACA JUGA:10 Dampak Negatif Penggunaan Vape pada Kesehatan

2. Menghirup Uap Air

Menghirup uap air dapat membantu melonggarkan lendir di hidung. Anda bisa mandi air panas, menggunakan humidifier, atau menuangkan air panas ke dalam mangkuk dan menghirup uapnya selama beberapa menit.

BACA JUGA:Bukber, Mitra Surabaya Berharap Keberkahan Doa Anak Yatim

3. Menyemprot Hidung dengan Saline

Saline adalah larutan garam yang dapat membantu membersihkan hidung dan melonggarkan lendir. Anda bisa membeli saline di apotek atau membuatnya sendiri dengan mencampurkan 1/4 sendok teh garam dengan 8 ons air hangat. Gunakan semprotan hidung saline atau suntikan untuk menyemprotkan larutan saline ke dalam hidung.

4. Meniup Hidung

Setelah menyemprotkan hidung dengan saline, tiup hidung Anda dengan lembut. Tutup satu lubang hidung dengan tisu dan tiup perlahan dari lubang hidung yang lain. Ulangi pada sisi lainnya.

5. Membersihkan Lubang Hidung

Jika hidung Anda masih tersumbat, Anda bisa membersihkan lubang hidung dengan kapas atau cotton bud. Pastikan kapas atau cotton bud basah dengan air hangat atau saline. Jangan masukkan kapas atau cotton bud terlalu jauh ke dalam lubang hidung.

Tips Lainnya:

Hindari mengorek hidung dengan jari Anda. Hal ini dapat menyebabkan infeksi dan kerusakan pada hidung.

Kategori :