Dibuka, Seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten/ Kota

Kamis 07-03-2024,17:47 WIB
Reporter : Biro Malang Raya
Editor : Eko Yudiono

MALANG, MEMORANDUM-Untuk keberlkanjutan lembaga penyelenggara Pemilu, KPU membuak pendaftaran untuk calon anggota kabupaten/ kota periode 2024-2029. Menyusul, masa jabatan komisioner KPU periode 2019-2024 segera berakhir.

Ketua Tim Seleksi (Timsel) KPU kabupaten/ kota wilayah Jatim 4 Yuventia Prisca menyampaikan pembukaan pendafatarn selama 12 hari, yaitu mulai pada 8-19 Maret 2024. “Masa pendafatrannnya mulai tanggal 8 Maret 2024,” ujarnya saat sosialisasi pendaftaran calon anggota KPU di Kantor KPU Kota Malang, Kamis 7 Maret 2024.

Disebutkan, semua peserta yang mengikuti seleksi dipersialhkan untuk melengkapi dokumen pendaftaran sesuai dengan ketentuan PKPU Nomor 4 tahun 2024 tentang seleksi anggota KPU provinsi dan KPU kabupaten / kota.

BACA JUGA:Pemkot Malang segera FGD Skenario Harga Bahan Pokok

Untuk pengajuan berkas dapat diakses melalui Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA) melalui website https://siakba.kpu.go.id. Adapun tata cara pengiriman dokumen pendaftaran adalah dokumen digital yang diunggah melalui SIAKBA, sedangkan dokumen fisik dikirim ke Sekretariat Timsel di Hotel Novotel Samator Surabaya.

BACA JUGA:Pemkot Malang segera FGD Skenario Harga Bahan Pokok

Tahapan seleksi ini menurutnya sesuai ketentuan, mulai dari pengumuman, pendaftaran, penelitian administrasi, pengumuman administrasi, seleksi tulis, seleksi psikologi, menunggu masukan masyarakat, tes Kesehatan, wawancara dan pengumuman hasil seleksi.

Timsel akan melakukan seleksi sampai dengan terpilih peserta yang masuk 10 besar. Selanjutnya, hasil 10 besatr diserahkan ke KPU RI. “Hasil ini kamis erahkan untuk ditentukan,” ujar anggota Timsel Mukhammad Kholid Mawardi.

Dalam seleksi ini juag memperhatikan keterwakilan perempuan sebanyak 30% dan diharapkan masyarakat terlibat aktif dengan memberikan saran/ masukan terhadap calon anggota KPU kabupaten/ kota untuk mendapatkan calon anggota KPU yang kredibel, jujur dan adil. 

Timsel Provinsi Jatim 4 ini akan melakukan seleksi untuk KPU Kabupaten Malang, Kabupaten pasuruan, Kota Batu, Kota Malang, Kota Pasuruan dan Kota Probolinggo. (ari)

Kategori :