Tips Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Senin 12-02-2024,07:15 WIB
Reporter : Muhammad Ridho
Editor : Muhammad Ridho

SURABAYA, MEMORANDUM - Mengetahui masa subur wanita setelah menstruasi merupakan cara untuk meningkatkan peluang kehamilan. Langkah ini bisa menjadi patokan untuk memperkirakan waktu berhubungan seksual.

 

Menghitung siklus haid dilakukan sejak hari pertama mengeluarkan darah hingga satu hari sebelum siklus haid berikutnya. Normalnya, wanita memiliki panjang siklus haid antara 21 sampai 35 hari.

 

Sementara masa subur wanita terletak pada hari ke 2 sampai 5 sebelum ovulasi. Di waktu inilah pasangan yang ingin memiliki anak direkomendasikan untuk melakukan hubungan intim.

BACA JUGA:Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Tips Menghitung Masa Subur Wanita

Saat menginginkan kehamilan, mengetahui masa subur bisa meningkatkan peluang pembuahan atau kehamilan. Sebab, sel telur hanya bertahan selama 24 jam setelah dikeluarkan dan harus dibuahi dalam 12 sampai 24 jam setelah ovulasi.

 

Kamu bisa menghitung masa subur wanita dengan mengandalkan catatan atau analisis siklus haid selama 8 bulan terakhir. 

BACA JUGA:Inilah Beragam Nutrisi yang Dibutuhkan Calon Ibu saat Jalani Program Hamil

Terkait dengan rumus, begini cara tepat memperkirakannya:

 

Siklus menstruasi terpendek . Misalnya, 23 hari. Kurangi 23 dengan 18. Hasilnya adalah 5. Jadi, angka ini merupakan hari pertama masa subur.

 

Siklus menstruasi terpanjang . Misalnya, 35 hari. Kurangi 35 dengan 11. Hasilnya adalah 24. Jadi, angka ini merupakan hari terakhir masa subur.

BACA JUGA:Berikut Ini 5 Tanda-Tanda Hamil Muda yang Kerap Diabaikan

Agar lebih jelas, simak di bawah ini contohnya:

 

Jika siklus menstruasi rata-rata adalah 23 hari, maka ovulasi terjadi sekitar hari ke-5. Waktu yang paling subur adalah hari ke-3, 4, dan 5.

 

Jika siklus menstruasi rata-rata adalah 35 hari, maka ovulasi terjadi sekitar hari ke-21. Waktu yang paling subur adalah hari ke-19, 20, dan 21.

 

Jika siklus menstruasi yang terjadi lebih pendek. 21 hari, misalnya, maka ovulasi terjadi sekitar hari ke-7. Waktu yang paling subur adalah hari ke-5, 6, dan 7.

 

Cara di atas akan sulit dilakukan pada wanita dengan siklus menstruasi yang tidak teratur. Jika ini terjadi, kamu disarankan untuk melakukan hubungan intim setiap 2 sampai 3 hari sekali untuk meningkatkan peluang kehamilan.

BACA JUGA:Inilah 6 Jenis Makanan untuk Ibu Hamil agar Melahirkan Bayi Cerdas

Tanda Masa Subur Wanita

1. Keluar cairan keputihan

2. Peningkatan hasrat berhubungan intim

3. Peningkatan suhu tubuh

4. Perubahan bentuk payudara

5. Perubahan produksi air liur

Kategori :