Waspadai Nataru, Bandit Curanmor di Surabaya Incar Matic

Jumat 22-12-2023,20:24 WIB
Reporter : Oskar Rio
Editor : Ferry Ardi Setiawan

"Kalau dikunci ganda maka gerak pelaku lambat karena yang diperhitungkan waktu. Dan objek pelaku barang bukan korban," ungkap Hendro.

Untuk itu, Hendro mengimbau kepada masyarakat agar memberikan kunci ganda pada motornya. Apabila bepergian ke suatu tempat, namun lokasinya dekat lebih baik jalan kaki saja agar tidak menjadi korban curanmor. 

Sementara itu, Kanitreskrim Polsek Wonocolo Iptu Kusmianto mengungkapkan, selama tiga bulan ini berhasil mengungkap kasus curanmor di tiga lokasi. 

BACA JUGA:Cegah Curanmor di Parkiran, Wajib Bawa STNK

Berdasarkan pengakuan terduga pelaku yang ditangkap, lokasi yang diincar adalah permukiman warga dan rumah kos. Dan waktu beraksi antara pukul 09.00 WIB hingga pukul 03.00 WIB.

"Karena lokasi yang diincar biasanya banyak motor yang diparkir depan rumah. Dan jam-jam itu kebanyakan masyarakat sedang tidur," jelas Kusmianto.

BACA JUGA:Setelah 10 Bulan, DPO Curanmor di Surabaya Akhirnya Dibekuk Satreskrim Polrestabes Surabaya

Modus pelaku curanmor mobile dan selalu mencuri motor dengan cara merusak kunci stir menggunakan kunci T. Bahkan ada masyarakat yang lupa mencabut kunci sehingga dengan mudah pelaku menggasak motor. 

"Untuk itu masyarakat diimbau untuk menjadi polisi bagi diri sendiri dan bisa menjaga barangnya. Diberi kunci ganda," tandas Kusmianto.

Sedangkan Tomi Fira (25), bandit motor yang dimassa warga Semolowaru, Surabaya, membagikan tips kepada masyarakat Surabaya agar motornya terhindar dari curanmor.

BACA JUGA:Bandit Curanmor Surabaya Dituntut 2 Tahun Penjara

Pria asal Ambengan Batu, Surabaya, yang baru saja menikah dengan pujaan hatinya di Polsek Sukolilo, Sabtu 21 Oktober 2023 ini mengungkapkan, para pelaku curanmor keluar mencari sasaran secara acak. 

Biasanya mengobok-obok di rumah padat permukiman penduduk dan rumah kos jam-jam 01.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB.

"Karena di jam itu, orang-orang pada terlelap tidur, sehingga membuatnya leluasa mencuri," ungkap Tomi.

Motor yang dicuri, masih kata Tomi, biasanya motor yang diparkir di teras rumah, di pinggir jalan. Selama ada kesempatan pasti menjadi akan dicuri oleh pelaku.

"Motor yang diincar matic, biasanya motor honda seperti Scoopy dan Beat," bebernya.

Kategori :