Mengatasi Tantangan Menyapih Anak, Panduan 4 Langkah untuk Orang Tua

Sabtu 23-12-2023,07:00 WIB
Editor : Ferry Ardi Setiawan

BACA JUGA:Mengendalikan Badai Tantrum Anak: Tips Ampuh untuk Orang Tua

Begini Cara Menyapih Anak

Bunda bisa mulai menerapkan cara menyapih anak ketika tanda kesiapan Si Kecil untuk disapih telah muncul. Nah, berikut ini adalah panduan cara menyapih anak yang bisa Bunda terapkan:

BACA JUGA:Anak Muda Beresiko Terkena Serangan Jantung, Dokter Ungkap Ini Dia Penyebabnya

1. Kurangi secara perlahan

Cara menyapih anak yang pertama adalah mengurangi frekuensi dan durasi menyusui. Misalnya, bila Si Kecil biasa menyusu sebanyak 5 kali sehari, kurangi menjadi 4 kali sehari dan kurangi terus secara bertahap hingga ia berhenti menyusu.

Demikian pula dengan lamanya durasi menyusu. Jika sekali menyusu bisa mencapai 30 menit, kurangi menjadi 20 menit dan terus kurangi secara bertahap. Dengan begitu, Si Kecil akan beradaptasi dan Bunda terhindar dari radang payudara akibat berhenti menyusui secara tiba-tiba.

BACA JUGA:Fakta Unik Anak Indigo yang Perlu Diketahui

2. Hentikan menyusui di siang hari

Cara menyapih anak juga bisa dimulai secara bertahap dengan berhenti menyusuinya di siang hari. Bunda bisa mengalihkan perhatiannya ke makanan padat yang disukai Si Kecil. Saat malam tiba, Bunda bisa kembali memberikan ASI kepada Si Kecil.

BACA JUGA:Wow! Inilah 5 Lagu Nasional Indonesia yang Mudah Dihafal Anak-Anak

3. Berikan makanan pengganti di malam hari

Jika Si Kecil mulai terbiasa untuk tidak menyusu di siang hari, Bunda bisa menerapkan hal yang sama begitu malam tiba. Namun, tetap lakukan secara bertahap agar ia tidak merasa kehilangan atau bahkan stres.

Cara menyapih anak di malam hari bisa dilakukan dengan memberikan anak makanan ringan, seperti yoghurt buah atau biskuit kesukaannya menjelang waktu tidur. Ini dapat membuatnya merasa kenyang dan tidak ingin menyusu.

Setelah memberikan makanan, Bunda juga bisa mengalihkan perhatiannya dengan melakukan aktivitas yang bisa membuatnya tertidur, seperti membacakan buku cerita.

BACA JUGA:4 Rekomendasi Mainan Edukatif untuk Anak, Cegah Kecanduan Gadget yang Berlebihan

Kategori :